logo2021

Untuk mengurangi dampak penyakit pasca banjir dan memenuhi kebutuhan akan air bagi korban terdampak banjir bandang di wilayah Kab. Sukabumi, Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan 5000 liter air bersih bagi 200 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Kuta Jaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (25/9/2020).

Menurut Sekjen PMI, Sudirman Said mengatakan, dalam setiap bencana, kebutuhan akan air sangat penting, karena merupakan kebutuhan dasar.

“Air bersih sangat penting, warga terdampak bisa menggunakan untuk melakukan aktivitas sehari hari, untuk cuci dan masak, dan tentunya untuk menjaga masyarakat untuk terhindar dari penyakit pasca banjir. ” Jelas Sudirman.

“Selain itu, akibat banjir bandang, banyak fasilitas warga yang rusak, seperti sumur yang terendam material banjir atau lumpur, untuk itu PMI selain membantu upaya evakuasi dan pelayanan kesehatan, akan terus membantu kebutuhan masyarakat terdampak banjir akan air bersih. ” Tambah Sudirman Said.

Menurut hasil assesment yang dilakukan PMI, Saat ini di Desa Kuta Jaya sendiri kekurangan air bersih, akibat banjir bandang. Mayoritas warga menggunakan air bersih dari serapan air gunung. Karena banjir jadi warga kesusahan untuk mendapatkan air bersih.

Akibat dari banjir bandang yang melanda wilayah Kabupaten Sukabumi pada (21/09) 2020, sebanyak 939 jiwa dan 284 KK terkena dampak banjir. Sementara itu, 283 rumah yang mengalami kerusakan, yang terdiri dari 151 rusak ringan, 50 rusak sedang, 82 rusak berat, yang tersebar di wilayah semua data Kecamatan Cidahu, Kecamatan Parungkuda dan Kecamatan Cicurug.

Dalam respons bencana banjir bandang Kab. Sukabumi juga terus berkoordinasi dengan lintas sektor seperti BPBD Kab Sukabumi dan Dinas Kesehatan.###

 

X