logo2021

Imbauan menjalankan protokol kesehatan terus digalakkan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan (Jaksel). Berbagai pihak digandeng PMI Jaksel untuk bersama memerangi pandemi covid-19 dengan berdisiplin menggaungkan protokol kesehatan. Bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN), PMI membagikan paket sambil mengkampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (2//7/2020).

Sebanyak 2.500 paket PHBS disalurkan PMI Jaksel di 7 RW Duren Tiga. Penyaluran paket berisi masker kain, penyanitasi tangan, dan sabun ini dibarengi dengan sosialisasi PHBS oleh relawan PMI Jaksel.

Kepala Markas PMI Jaksel Muhammad Adnan mengatakan, kolaborasi PMI dengan PLN ini merupakan rangkaian giat pencegahan covid-19. Ia mengatakan, sosialisasi akan terus dilakukan PMI Jaksel agar kesadaran masyarakat dalam berdisiplin PHBS menjadi kebiasaan. Apalagi, lanjutnya, saat terjadi pelonggaran pembatasan, banyak masyarakat mulai abai.

“Kami akan terus soalisasikan PHBS melalui selembaran atau brosus, atau media lainnya,” katanya.

Kedatangan PMI serta sejumlah karyawan di kawasan Duren Tiga dinilai sebagai langkah positif. Sejumlah warga mengaku paket PHBS yang pernah diterima telah habis.

“Sudah lama habis. Ini kan penggunaannya setiap hari,” ujar salah seorng warga Duren Tiga.

Adnan menambahkan, selain sosialisasi langsung, relawan PMI Jaksel rutin berkeliling ke 10 Kecamatan di Kota Jaksel secara bergiliran. Sebanyak 50 relawan menyebar di pemukiman-pemukiman warga untuk memberikan imbauaun kesehatan.

“Kami ada 7 mobil dan dua bentor (motor angkutan) , pakai pengeras suara mengimbau warga agar tetap menerapkan PHBS dan protokol kesehtan,” tukasnya.

Selain upaya pencegahan melalui promosi kesehatan, upaya penanggulangan juga dilakukan dengan penyemprortan tempat publik. Adnan menyebut,PMI Jaksel membantu pemerintah menyemprotkan cairan disinfetan (disinfeksi) ke sejumlah pasar di Jakarta Selatan.

“Kami lakukan penyemprotan di pasar Kebayoran Lama, Pasar Minggu, dan beberapa pasar lainnya,” jelasnya.

X