logo2021

Kurikulum Standar Nasional Diklat PMI

Kurikulum sebagaimana tercantum dalam peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan (Diklat) PMI, diperlukan kurikulum pelatihan sebagai acuan dalam pelaksanaan diklat PMI yang dikembangkan berbasiskan kepada kompetensi.

Kurikulum Diklat PMI mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada pengembangan kemampuan (kompetensi) melakukan tugas-tugas dengan standar performa tertentu sehingga hasilnya berupa penguasaaan terhadap kompetensi tertentu secara nasional dengan kesesuaian dan potensi daerah (lokal) guna mendukung tugas pengembangan organisasi dan pelayanan kepalangmerahan.

Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dimaksudkan dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan PMI adalah serangkaian rencana dan pengaturan yang termuat dalam: Analisis Kompetensi Peserta, Analisis Tujuan Pembelajaran dan Silabus Pelatihan yang berorientasi pada kompetensi pelayanan Kepalangmerahan. Proses standarisasi pelatihan PMI mulai bergulir sejak tahun 2004 dengan kurikulum berbasis kompetensi. Saat ini telah tersusun 48 kurikulum standar nasional diklat PMI. Pemutakhiran secara parsial telah dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Tahapan penyusunan kurikulum PMI perlu dipahami oleh PMI di setiap tingkatan. Hal ini agar penerapan kurikulum dapat berjalan optimal dan PMI di setiap tingkatan dapat melakukan pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal dan acuan kurikulum.

Berikut daftar kurikulum standar nasional diklat PMI yang terdiri dari :

[gdlr_accordion style=”style-1″ initial=”0″]
[gdlr_tab title=”PELATIHAN DIVISI PB”][ninja_tables id=”4265″][/gdlr_tab]
[gdlr_tab title=”PELATIHAN DIVISI KESEHATAN”][ninja_tables id=”4267″][/gdlr_tab]
[gdlr_tab title=”PELATIHAN DIVISI RELAWAN”][ninja_tables id=”4270″][/gdlr_tab]

[gdlr_tab title=”PELATIHAN DIVISI KELEMBAGAAN”][ninja_tables id=”4273″][/gdlr_tab]
[gdlr_tab title=”PELATIHAN BIRO UMUM”][ninja_tables id=”4276″][/gdlr_tab]
[gdlr_tab title=”PELATIHAN BIRO HUMAS”][ninja_tables id=”4278″][/gdlr_tab]

[gdlr_tab title=”PELATIHAN BIRO PERENCANAAN”][ninja_tables id=”4280″][/gdlr_tab]
[gdlr_tab title=”PELATIHAN BIRO KEUANGAN”][ninja_tables id=”4282″][/gdlr_tab]

[gdlr_tab title=”PELATIHAN BIRO KEPEGAWAIAN”][ninja_tables id=”4284″][/gdlr_tab]
[gdlr_tab title=”PELATIHAN UNIT DIKLAT”][ninja_tables id=”4286″][/gdlr_tab]

[gdlr_tab title=”PELATIHAN UNIT IT”][ninja_tables id=”4288″][/gdlr_tab]

[/gdlr_accordion]

X