logo2021

Palang Merah Indonesia (PMI) menggalang donasi masyarakat untuk bencana gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Bantuan dibutuhkan untuk penanganan dan pemulihan sejumlah lokasi terdampak gempa beberapa waktu lalu tersebut.  Tidak kurang dari 81 orang meninggal dan 19 ribu jiwa mengungsi akibat gempa berkekuatan 6,2 skala richter.

PMI merespons bencana di Sulbar dengan mengirimkan relawan di lokasi bencana.  Para relawan bekerjasama dengan instansi terkait untuk evakuasi korban dan menyiapkan pengungsian sementara.  Belasan ribu jiwa diungsikan 30 titik pengungsian, yakni 5 titik pengungsian Majene dan 25 titik Mamuju.

Dukungan alat pelindung diri (APD) untuk relawan dan warga juga telah disalurkan PMI Pusat untuk menghindari bahaya penularan covid-19. Meski demikian, sejumlah desa terdampak masih membutuhkan bantuan. Donasi yang dihimpun PMI akan memaksimalkan upaya penanganan wilayah terdampak di Majene dan Mamuju.

PMI akan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pangan para pengungsi. Sebagai langkah awal, relawan PMI membantu pendirian dapur umum di lokasi-lokasi pengungsian.  Sementara untuk kebutuhan air bersih, sebanyak 10 truk air bersih melayani penyaluran air bersih untuk pengunsi.

Kontribusi masyarakat untuk membantu masyarat Sulbar sangat dibutuhkan. PMI menampung donasi tersebut melalui sejumlah rekening donasi atas nama Palang Merah Indonesia. PMI juga menyediakan kode QRIS untuk memudahkan donasi digital. Berikut daftar rekening donasi PMI:

Bank Mandiri 070-00-0011601-7
Bank BRI 0390-01-000030-30-3
Bank BCA 206.300668.8

Untuk informasi terkait donasi, bisa menghubungi 021-7992325 dengan ekstensi 2. Masyarakat juga bisa mengakses informasi terkait donasi dan lainnya di akun resmi media sosial Palang Merah Indonesia.

Tags:
X