logo2021

JAKARTA – Mata adalah organ penglihatan yang vital. Seperti organ tubuh lainnya, mata juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan fungsinya tidak terganggu, karena bila terganggu, harga yang harus dibayar sangat mahal. Gangguan serius pada mata juga dapat menyebabkan kelumpuhan aktivitas sehari-hari. Angka kebutaan di Indonesia tergolong yang tinggi, yaitu mencapai 1,5% dari jumlah kebutaan yang mencapai 3% dari penduduk dunia. Penyebab utama kebutaan di Indonesia adalah katarak, glukoma, kelainan refraksi dan penyakit lain yang berhubungan dengan degeneratif.

Tingginya masalah kesehatan mata yang ada di Indonesia cukup memilukan, pemerintah tidak mungkin bekerja sendirian, komponen yang ada di masyarakat harus bersinergi untuk melakukan penanggulangan. Untuk dapat berperan serta dalam membantu meringankan beban masyarakat yang rentan secara sosial ekonomi, Palang Merah Indonesia akan terus melaksanakan kegiatan pelayanan sosial yang ditujukan kepada masyarakat paling miskin dan paling rentan, baik pada situasi bencana maupun pada situasi normal.

Dalam mencapai tujuan tersebut, PMI akan melaksanakan program operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kurang mampu, dengan harapan melalui kegiatan ini masyarakat miskin dan rentan yang memiliki permasalahan dengan katarak dapat kembali pulih penglihatannya dan dapat melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik lagi. Bekerjasama dengan St. Carolus, operasi tersebut akan diselenggarakan pada Agustus 2014.

Sasaran dari pelaksanaan program ini adalah 120 orang dari DKI Jakarta dan sekitarnya, dengan kriteria; Termasuk dalam masyarakat kurang mampu (memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT setempat atau organisasi kemasyarakatan setempat), Memiliki penyakit katarak dan Tidak memiliki penyakit lainnya glukoma, diabetes, hipertensi serta penyakit lainnya yang mengakibatkan katarak (ada surat keterangan dokter).

Cara pendaftaran bagi masyarakat yang membutuhkan operasi katarak adalah dengan menghubungi PMI di 021-7992325 (ext 306) menyertakan nama, umur, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Pendaftaran dibuka hingga akhir Juni 2014. Selanjutnya, St. Carolus akan melakukan pemeriksaan dan seleksi kepada masyarakat yang telah mendaftarkan diri ke PMI dengan melengkapi persyaratan sebagaik berikut: Surat pengantar dari PMI, Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan dan Surat pemeriksaan dokter untuk katarak (jika ada).

Operasi Katarak akan dilaksanakan kepada masyarakat yang telah lolos pemeriksaan oleh St. Carolus. Sebelum dilakukan operasi, akan dilakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan kondisi kesehatan. Tak hanya itu, pasca operasi pun akan dilakukan pemeriksaan (kontrol) sebanyak 3 kali.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Divisi Kesehatan dan Pelayanan Sosial Markas Pusat PMI, Telp. 021-7992325 Ext. 306 atau Istianasari, Divisi Kesehatan dan Pelayanan Sosial Markas Pusat PMI, Hp. 081311157588

X