logo2021

Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan layanan kesehatan kepada Tim Pencarian Gabungan pencarian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air di Posko Tanjung Kait, Kabupaten Tangerang, Rabu (13/1/2021). Dapur umum beserta logistik disediakan PMI untuk tim gabungan di Kepulauan Seribu guna menunjang operasi pencarian korban pesawat tersebut.

PMI Kota Tangerang menyiagakan 8 personel tim kesehatan di Posko Tim Gabungan di Tanjung Kait, Kabupaten Tangerang. Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan, sejumlah personel tersebut ditugaskan secara khusus untuk memantau kesehatan Tim SAR Gabungan.

“Kami juga siapkan suplemen atau vitamin, agar kesehatan tim evakuasi gabungan terjaga,” katanya.

Sejumlah tim kesehatan tersebut menambah jumlah personel PMI Kota Tangerang yang bersiaga menjadi 19 orang di Posko Gabungan maupun di Posko Pusat Krisis, Bandara Sokearno-Hatta, Banten. Ade menjelaskan, sejak hari pertama tanggap darurat bencana kecelakaan pesawat tersebut, PMI Kota Tangerang telah menyiagakan personel serta alat penunjang penyelamatan.

“Kami mobilisasi personel, APD (alat pelindung diri), dan ambulans untuk menunjang operasi,” imbuhnya.

Selain PMI Kota Tangerang, PMI Kota Pontianak juga menyiagakan personel untuk mendampingi keluarga korban di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. Sekretaris PMI Provinsi Kalimantan Barat Adi Sumaryadi menerangkan, dukungan psikososial dibutuhkan keluarga korban pesawat jatuh yang tengah berduka. Relawan PMI Kota Tangerang juga menyiagakan layanan kesehatan di posko tersebut.

“Kami bergabung di posko ini dengna tim DVI Polri dan pihak bandara, kami siagakan layanan disinfeksi, kesehatan, dan juga PSP (Physicososial Support Programe). Untuk layanan PSP penerima manfaatnya sudah 21 keluarga,” jelasnya.

Berdasarkan data terakhir, PMI telah mengirimkan 100 paket APD, 200 kantong mayat, serta 2.500 masker ke posko-posko evakuasi korban pesawat jatuh Sriwijaya Air. Sebanyak 100 lebih personel PMI juga bersiaga di sejumlah posko tersebut. Mereka memberikan layanan baik ke petugas, maupun keluarga korban.

X