logo2021

Palang Merah Indonesia menerima donasi USD 100.000 dari Palang Merah Tiongkok (Red Cross Society of China) untuk penanganan bencana gempa Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan diterima Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) secara daring di Markas PMI Pusat, Jalan Gatot Subroto, Selasa (26/1/2021). Donasi setara Rp 1,4 miliar ini akan disalurkan untuk pemenuhan kebutuhan serta pelayanan dasar penyintas bencana di Sulbar.

Selama hampir dua pekan operasi penanganan bencana gempa Sulbar, PMI telah mendistribusikan kebutuhan serta layanan bagi penyintas. Lebih dari 200 relawan dikerahkan PMI untuk membantu Pemerintah menanggulangi bencana yang mendampak 20.448 jiwa serta menewaskan 84 orang tersebut. Namun demikian, kata JK, bantuan dari berbagai pihak masih sangat dibutuhkan dalam operasi kemanusiaan ini.

“Terima kasih atas komitmen para donatur pada kemanusiaan.  Bantuan ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meringankan penyintas bencana,” katanya dalam sambutan.

JK melanjutkan, PMI masih berupaya memenuhi kebutuhan serta pelayanan dasar bagi penyintas. Ribuan penyintas di sejumlah pengungsian di antaranya membutuhkan selimut, alas, terpaulin, perlengkapan kesehatan, air bersih dan makanan. Tim kesehatan PMI juga mendata, sejumlah penyintas membutuhkan obat-obatan lantaran berhari-hari di pengungsian.

Perwakilan Pemerintah Tiongkok, Duta Besar Tiongkok Untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan, pihaknya berharap beban penyintas dapat sedikit teringankan dengan bantuan tersebut. Dalam hal penanganan bencana, dia menambahkan, hubungan Tiongkok dan Indonesia terjalin dengan baik. Tercatat, Tiongkok sebelumnya pernah memberikan donasi dengan nilai  yang sama  untuk penanggulangan gempa Lombok pada 2018 silam.

“Kami menyampaikan duka cita yang mendalam untuk penyintas bencana Gempa Sulawesi Barat. Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan mereka,” katanya.

X