logo2021

Menjadi bermanfaat dan berbuat bagi kemanusiaan adalah semangat Hari Kemanusiaan Sedunia yang diperingati setiap tahun, tak terkecuali di massa pandemi. Situasi pandemi tak menyurutkan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memperingati peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia atau Humanitarian Day tahun ini. Medium daring dimanfaatkan PMI untuk mengampanyekan semangat Humanitarian Day dengan menggelar beragam kegiatan.

PMI, melalui beragam kanal media sosial, menampilkan kisah-kisah pahlawan kemanusiaan selama pandemi yang inspiratif. Kisah bertajuk “The Real Life Heroes” ini diangkat dari perjuangan pelaku kemanusiaan di berbagai komunitas masyarakat. Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said berharap, kolaborasi antarkomunitas masyarakat ini diharapkan dapat terus berlanjut demi menanggulangi dampak pandemi.

“Ada ketua RW di Cipayung yang menggalang bantuan untuk keluarga pasien covid-19, ada tenaga medis dan relawan yang bertaruh nyawa dalam penaggulangan pandemi, dan ada banyak lagi. Mereka adalah The Real Life Heroes,” katanya.

Siapa pun bisa menjadi pelaku kemanusiaan, bahkan masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan pun masuk dalam hitungan. Karena kepatuhan tersebut, kata Sudirman, berarti masyarakat menjaga diri dan orang lain dari tertular covid-19.

“Kami ingin mengingatkan kembali pentingnya semangat solidaritas di tengah situasi pandemi ini,” imbuhnya.

Selebrasi Humanitarian Day oleh PMI dilakukan sejak tanggal 13 Agustus dengan menggelar siaran Podcast PMI bernama “Ngopi” atau Ngobrol Penuh Inspirasi” bertajuk “Hapus Stigma dengan Cinta”. Podcast ini mengangkat tentang sepak terjang tokoh masyarakat yang memperjuangkan anti stigma dan diskriminasi di lingkungan tempat tinggalnya.

Selebrasi Humanitarian Day oleh PMI selanjutnya diramaikan dengan talkshow radio dengan mengangkat tema “Pahlawan Sekitar Kita”, yaitu kisah para relawan mengenai berbagai kegiatan yang dilakukan untuk membantu sesamanya di masa pandemi ini.

Kegiatan PMI lainnya adalah tayangan PMI TV yang akan menampilkan penyintas pasien Covid-19 yang akan berbagi pengalamannya dalam menjalani isolasi mandiri.

Seluruh rangkaianĀ  selebrasi ini dapat diakses oleh masyarakat melalui kanal media sosial PMI.

X