logo2021

KOTA SERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang hadiri Rapat Pembahasan pembangunan gedung Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia Kota Serang Yang Di Selenggarakan Oleh Pemerintah Kota Serang pada Senin (29/03/2021).

Rapat ini tersebut dipimpin langsung oleh Yudi Supriadi selaku Asisten
Daerah (ASDA) II dan dihadiri oleh perwakilan dari OPD Kota Serang terkait yang terdiri dari Bappeda, BPKAD, Dinkes dan lainnya.

Dalam rapat ini, Pemkot Serang menyampaikan pertimbangan untuk gedung UDD PMI akan diupayakan karena mencakup kebutuhan layanan kesehatan masyarakat Kota Serang terutama pada pemenuhan kebutuhan darah yang tiap harinya meningkat.

Selain itu juga, bahwa PMI Kota Serang yang berada di ibukota Provinsi Banten, merupakan satu – satunya PMI Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten yang belum memiliki unit donor darah.

Rencana untuk penetapan lahan idealnya UDD PMI kota Serang berlokasi di lokasi asset pemkot serang dan adapun pilihan lokasinya tidak jauh dari rumah sakit, kata Yudi Supriadi (selaku Asda II) yang memimpin rapat tersebut.

Lebih lanjut Yudi menegaskan, harus ada sinergitas yang baik dari pihak Dinas Kesehatan Kota Serang dengan PMI Kota Serang, dikarenakan untuk proses tindak lanjut permohonan harus dilakukan oleh OPD terkait yakni Dinas Kesehatan Kota Serang.

Selanjutnya, Pihak Dinas Kesehatan Kota Serang menyatakan bahwa sangat mendukung untuk pendirian UDD namun saja Dinas Kesehatan Kota Serang belum membuat surat usulan kepada Bappeda dan Walikota Serang dan akan memasukkkan program rencana pembangunan pendirian Unit Donor Darah PMI Kota Serang pada tahun 2022.

Pihak BAPPEDA Kota Serang yang hadir pada acara tersebut menjelaskan bahwa usulan PMI Kota Serang sudah diterima dan sudah dimasukkan ke renja dinas PUPR pada saat musrenbang.

Sedangkan pemaparan dari BPKAD Kota Serang menyatakan bahwa BPKAD sebatas rekomendasi untuk penetapan lahan/lokasi yang kemudian akan ditetapkan penetapan lahan/lokasi oleh Setda.

Selain itu dari pihak Dinas PUPR menyampaikan bahwa pentingnya penetapan lokasi terlebih dahulu sebagai dasar gerakan selanjutnya seperti pembuatan Feasibility Study (FS), amdal, Detail Engineering Design (DED) untuk menentukan anggaran yang dibutuhkan.

Dinas PUPR akan mereview Detail Engineering Design (DED) yang sudah ada terhadap besaran harga satuan terupdate.

Moon Marko, S.Sos selaku Kepala Bidang Asset dan Logistik PMI Kota Serang menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Serang telah mengadakan rapat pembahasan proposal permohonan pembangunan gedung Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia Kota Serang tahun 2022 ini.

“Ini yang sebenarnya kami tunggu – tunggu. Karena perjuangan untuk mendirikan Unit Donor Darah di Kota Serang ini dimulai telah lama, dan untuk penetapan loksi lahan kami menyerahkan sepenuhnya ke Pemerintah Kota Serang”. Ujarnya

Ditambahkan oleh Muhamad Buang, SE selaku Anggota DPRD Kota Serang dan juga Kepala Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kota Serang menyampaikan bahwa hal penting saat ini adalah penetapan lahan sebagai langkah awal dari proses ini mengingat semua ajuan dan permohonan sudah diterima oleh OPD terkait yang menunjang pembangunan Unit Donor Darah ini.

“Kami berharap setelah rapat ini jangan sampai saling mengandalkan tetapi harus atas kesadaran bersama. Maka dari itu, perlu dibuat tugas – tugas yang harus dikerjakan di masing – masing instansi dan OPD agar proses pembangunan UDD ini cepat terealisasi.” Ujarnya

Selain itu, pada rapat ini dihadiri pula oleh dr. Mu’ammar selaku Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Kota Serang dan Cania Dewi, S.Tr.Keb, SKM, MM selaku anggota pengurus PMI Kota Serang

Ditempat lain, Hj. Adde Rosi Khoerunnisa, S.Sos, M.Si selaku Ketua PMI Kota Serang yang dikonfirmasi melalui telepon, mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Serang karena telah menerima permohonan PMI Kota Serang untuk mendirikan Unit Donor Darah PMI Kota Serang, semoga UDD PMI Kota Serang segera berdiri dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

X