logo2021

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) meminta Unit Donor Darah (UDD) menjaring donor darah secara proaktif saat pandemi. Persedian darah dalam keadaan darurat disebut menipis sementara kebutuhannya meningkat. Hal tersebut dikatakan JK saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) virtual yang diikuti 227 UDD PMI beberapa waktu lalu.

Sejak pandemi covid-19,  aktivitas donor darah masyarakat mengalami penurunan drastis. Penurunannya bahkan hingga di atas 50 persen. PMI melalui UDD, kata JK, merespons kondisi tersebut dengan menggalakkan kerjasama dengan berbagai pihak demi menjaga persediaan darah, salah satunya dengan TNI dan Polri.

“Butuh inisiatif di semua unit donor darah untuk lebih aktif,  bukan hanya menunggu tapi mendatangi kelompok-kelompok masyarakat, usaha, atau apapun untuk berdonor dalam kondisi ini. Karena makin terjadi suatu keadaan darurat maka sebetulnya kebutuhan darah itu meningkat,” jelasnya.

Di samping itu, JK juga mendorong UDD berupaya menggalakkan donor plasma darah untuk membantu pemerintah menekan angka kematian akibat covid- 19. Berdasarkan data, PMI telah menghimpun 1.358 Kantong plasma darah penyintas covid-19.  Seperti diketahui, plasma darah tersebut diperlukan pasien covid-19 sebagai tetapi untuk meringankan gejala berat.

“Donor darah plasma juga menjadi bagian dari upaya kesehatan untuk mengatasi pandemi covid-19, ini merupakan salah satu jalan keluar. Karena itulah maka, unit donor darah harus mengalami peningkatan,” lengkapnya.

Rakernis UDD yang ditutup pada Kamis (17/12/2020) ini menghasilkan 11 rekomendari. Salah satu rekomendasi tersebut membahas pemutakhiran Sistem Informasi Donor Darah PMI (Sindondar). Sekretaris Jenderal (sekjen) PMI Sudirman Said menjelaskan, pemantapan tersebut diperlukan untuk mendukung pelaksanaan UDD dari perekrutan donor hingga distribusi ke Rumah Sakit

“Ini untuk mengajak masyarakat  bertanggung jawab terhadap stok darah di wilayahnya masing masing dengan meemberikan akses kemudahan  informasi dan komunikasi, Nah UDDP telah memiliki web ayo donor dan applikasi ‘ ayo donor yang dapat dipergunakan oleh masyarakat dalam mencari informasi stok darah , jadwal layanan UDD , jadwal layanan Mobile unit dan lain -lain,” tukasnya dalam penutupan Rakernis UDD PMI Se-Indonesia.

X