logo2021

CILEGON.- Amankan ketersediaan Darah menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon ajak masyarakat untuk berdonor darah.

Darah merupakan komponen penting bagi kehidupan, dimasa pandemi ini ketersedian darah diberbagai Unit Donor Darah (UDD) PMI mengalami penurun. Sementara kebutuhan transfusi bagi pasien-pasien di Rumah Sakit mesti terpenuhi.

“Kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendonorkan darahnya ke Unit Donor Darah PMI, selain untuk membantu menolong pasien yang membutuhkan tindakan transfusi darah di Rumah Sakit, juga donor darah yang dilakukan rutin setiap 2 (dua) bulan sekali akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh”. Pungkas Plt. Kepala UDD PMI Kota Cilegon, dr. Arriadna, Senin (10/5/2021)

Lebih teknis, Arriadna menjelaskan terkait Persyaratan Donor Darah:

  • Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram
  • Jarak Donor minimal 2 Bulan Sekali
  • Calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter.

Dijelaskan juga, bagi yang telah menerima Vaksin ke-2 sudah bisa mendonorkan darahnya kembali setelah 2 minggu, sementara bagi Pasien Positiv Covid19 yang telah dinyatakan sembuh dan negatif Covid19 bisa mendonorkan darahnya setelah 1 Bulan. Jelasnya.***

X