logo2021

KEBUMEN – Tim Psychosocial Support Program (PSP) PMI Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (27/05/2020) mengunjungi salah satu pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Kecamatan Karangsambung atas nama Marmo (51). Kedatangan Tim PSP PMI Kebumen ke rumah Marmo untuk melakukan pendampingan dan memberikan motivasi.

Pengurus PMI Kebumen, Mukshinun, didampingi Koordinator Tim PSP, Muslim Mustofa menyatakan, maksud kunjungan tersebut antara lain memberikan motivasi kepada para pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan paket sembako, agar mereka bisa hidup normal seperti sediakala.

“Ini adalah bagian dari pelayanan PMI Kebumen dalam penanggulangan Covid-19. Kami melakukan pendampingan dan memberikan motivasi juga dukungan moril kepada penyintas Covid-19 agar tegar menjalani kehidupan selanjutnya dengan normal, baik kehidupan sosial maupun ekonominya. Mudah-mudahan dengan adanya pendampingan dan motivasi dari PMI, penyintas tidak merasa sendirian atau dikucilkan oleh masyarakat,” katanya, kemarin.

Dijelaskan, pengalaman dari pasien sembuh sebelumnya, mereka seolah dikucilkan oleh masyarakat karena tidak ada yang menjenguk walau sudah dinyatakan sembuh. “Dan saat kami datangi, mereka sangat bahagia,” tuturnya.

Ditegaskan, secara bertahap, PMI Kebumen akan memberikan pendampingan yang sama kepada penyintas Covid-19 lainnya secara bertahap. “Selain kepada penyintas, kami juga mengedukasi masyarakat sekitar agar tidak mengucilkan para pasien Covid-19 yang sudah dianggap sembuh. Yang dijauhi itu virusnya, bukan orangnya,” tandas Muslim.

Tim PSP PMI Kebumen juga memasang poster tentang stigma kepada penyintas Covid-19 di tempat-tempat umum seperti masjid, pos-pos dan lainnya.

Sementara itu, Marmo mengaku sangat berterima kasih kepada PMI Kabupaten Kebumen yang telah memberikan motivasi agar dirinya tetap menjalani hidup seperti biasanya. “Terima kasih atas kepedulian PMI Kebumen kepada saya khususnya dan juga keluarga. Dengan kunjungan ini saya tidak lagi punya rasa takut untuk kembali bersosial dengan warga di sini,” katanya.

 

Empat Pasien Dinyatakan Sembuh

Untuk diketahui sebanyak empat pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD dr. Soedirman Kebumen dinyatakan sembuh. Keempatnya dipulangkan dari rumah sakit, Selasa, 28 April 2020. Bupati KH Yazid Mahfudz, mengatakan keempatnya diizinkan pulang setelah dua kali hasil laboratorium atas swab pasien di Balai Besar Tehnik Kesehatan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta dinyatakan negatif.

“Empat pasien ini telah dua kali diambil swab-nya. Kedua swab dinyatakan negatif, sehingga pasien dinyatakan sembuh,” kata Yazid Mahfudz, saat melepas keempat pasien tersebut di pintu keluar Bangsal Kenanga RSDS Kebumen, Selasa pagi.

Empat pasien yang dinyatakan sembuh, yaitu Marmo (51) warga Karangsambung, Teguh Gunawan (43) warga Kelurahan/Kecamatan Kebumen. Kemudian, Ahmad Badra (55) warga Petanahan dan Heri Budianto (34) warga Alian.***

X