logo2021

Status Tanggap Darurat Bencana (TDB) longsor di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah, akan diperpanjang hingga Minggu, 4 Januari 2015. Namun Posko Palang Merah Indonesia (PMI) masih menunggu Surat Keputusan (SK) tersebut turun, untuk melanjutkan kegiatan TDB tersebut.

Hingga kemarin, Senin (29/12) cuaca di wilayah Karangkobar relatif cerah saat pagi, namun menjelang siang hujan kembali turun. Sehingga akses jalan jalur utama Karangkobar yang melalui lokasi kejadian kembali ditutup karena jalanan licin. Meskipun demikian perbaikan jembatan sudah selesai.


Sementara itu, masyarakat terdampak masih mendapat bantuan yang berupa barang maupun uang. Bantuan yang didapat, berasal dari kiriman-kiriman segala masyarkat diberbagai tempat di Indonesia, yang melalui PMI, instasi lain, maupun datang langsung kelokasi kejadian.

Bencana longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karangkobar-Banjarnegara yang terjadi Jumat lalu (12/12) mengakibatkan 97 jiwa meninggal. Terdata jumlah pengungsi sebanyak 498 jiwa yang tersebar di 10 titik pengungsian. Namun kini, jumlah pengungsi di pengungsian semakin berkurang karena mereka telah kembali kerumahnya maupun rumah kerabat.

Tim gabungan PMI yang masih melakukan pelayanan untuk korban longsor hingga kini (29/12) berjumlah 55 orang. PMI bersama instansi lain kini lebih berfokus terhadap pelayanan bagi para Pengungsi dan Trauma Healing.

TIM PMI Juga melakukan kegiatan lainya seperti, assesment lanjutan, posko, dapur umum, duistribusi relief, logistik, transportasi, pos kesehatan, watsan, evakuasi, dan Dukungan Psikososial (PSP).

Untuk informasi selanjutnya, dapat menghubungi :Posko PMI Provinsi Jawa Tengah, Tlp : 024 – 7674 6702Ali masyharStaff PB PMI Provinsi Jawa Tengah, Tlp: 0856 4010 0517

X