logo2021

Palang Merah Indonesia Kota Subulussalam  bekerjasama dengan Satlantas Polres Aceh Singkil  menggelar Simulasi penanganan  korban kecelakaan lalulintas (Lakalantas)  Pada hari Kamis lalu (26/6), Pukul 10.00 Wib berlokasi di Jln. Teuku Umar/Depan SPBU Syafriadi-Oyon Subulussalam.

Simulasi yang berlangsung selama 10  menit ini dengan memperagakan aksi penanganan korban Lakalantas antara kendaraan Carry Minibus dengan Sepeda motor.

Adapun kronologi kejadian  disebabkan kelalaian sopir mobil Carri minibus menyetir sambil menggunakan hand phone dan tanpa disadari dari arah berlawanan secara tiba-tiba muncul pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi, sopir terkejut secara spontan membanting stir ke pembatas jalan sehingga menabrak ruko dekat halte, sedangkan pengendara sepeda motor  tertabrak hingga jatuh, kedua korban mengalami luka serius sebagaimana di ungkapkan Nasir, saksi mata.

Spontan masyarakat yang berada di lokasi ditambah kendaraan yang berhenti ingin menyaksikan kejadian hingga menimbulkan kemacetan yang cukup serius.

Setelah masyarakat menghubungi pihak Satlantas, kemudian Satlantas bersama DLLAJ menuju lokasi TKP melakukan pengamanan dan olah TKP. Setelah mendapat informasi dari Satlantas tak Lama kemudian 2 unit ambulans PMI bersama krunya tiba dilokasi untuk melakukan tindakan pertolongan pertama dan evakuasi terkadap korban lakanlatas tersebut.

Kepala Markas PMI Kota Subulussalam, Suwardi K Putra  akrab dipanggil Ardi, menyatakan simulasi ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas pelayanan ambulans PMI sekaligus pengimplementasian kemampuan SDM/Relawan PMI yang telah dilatih selama ini didalam pelaksanaan pertolongan pertama dan layanan ambulans kepalangmeraha kepada masyarakat Kota Subulussalam khususnya salam penanganan lalakantas.

Satlantas Polres Aceh Singkil, AKP. Yopy M. Suryawibawa menyampaikan  terimakasih kepada PMI Kota Subulussalam yang telah melaksanakan Simulasi serta kegiatan lainnya yang mendukung kami dalam upaya penanganan, serta pencegahan(safety riding) terhadap kecelakaan lalu lintas, kita sangat berharap kepada PMI melalui Layanan Ambulans PMI utuk terus dapat melakukan layanan ini secara cepat, tepat dan professional dilapangan apalagi yang kita ketahui angka lakantas di Kota Subulussalam sangat tinggi.Harapan kita jika terjadi kecelakaan lalu lintas agar dapat  memberikan pertolongan dan segera hubungi instansi terkait Polisi, PMI, pihak terdekat, ujarnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penanda tangan Nota Kejasama/Mou antara PMI dengan Satlantas Polres AcehSingkil tentang penanganan Koban Lakalantas dan angkutan umum secara terpadu khususnya di Kota Subulussalam.

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:  Febri Sambada, Humas PMI Kota Subulussalam, Hp: 0857 6097 7269

 

X