logo2021

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) mendampingi kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin bagi anak dan balita di Posyandu lingkungan RW 11 Kelurahan Tanah Baru, Beji, Depok. Relawan membagikan masker dan mengimbau warga menaati protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Manajer Kasus Penguatan Respons Masyarakat PMI Depok Imron Maulana mengatakan, relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) bersama kader Posyandu mengupayakan kegiatan rutin itu digelar kembali meski di tengah pandemi. Pemeriksaan dan pemberian vitamin untuk balita itu sendiri, kata Imron, sempat ditiadakan sementara menyusul penetapan Depok sebagai zona merah penularan covid-19.

“Jangan sampai karena pandemi, kesehatan anak terabaikan. Kami ingin ini kembali rutin dilakukan, dengan catatan, sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” jejalsnya melalui sambungan telepon.

Dalam kesempatan tersebut, relawan Sibat juga melakukan promosi kesehatan (promkes) kepada para orang tua. Imron menyebut, selain promkes Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), relawan juga mengimbau warga untuk tidak khawatir berkunjung ke Posyandu untuk memeriksa kesehatan anak dan balita.

“Selama warga patuh terhadap protokol dalam beraktivitas apa pun yang memang tidak bisa ditinggalkan, insya Allah aman,” imbuhnya.

Tidak kurang dari 30 anak diberikan vitamin a dalam kegiatan ini. Sejumlah anak tersebut juga diperiksa dan ditimbang berat badannya.

Selain aktif mendampingi kegiatan Posyandu, relawan Sibat juga dilibatkan dalam penguatan respon masyarakat pada penanganan percepatan covid-19. Sibat bersinergi dengan kader keluarhan serta relawan Gugus Tugas menggalang bantuan untuk keluarga pasien covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri.

“Kurang lebih sudah ada 10 keluarga pasien yang kami tangani di tiga kelurahan di Beji. Kami juga bagikan logistik berupa nasi box ke keluarga pasien, totalnya 1.500 box sampai saat ini, ” katanya.

Penyemprotan serta pembagian paket PHBS juga dilakukan relawan untuk mencegah dan menanggulangi covid-19 di wilayah tersebut. PMI Depok telah membagikan 37 ribu paket PHBS, 375 pak cairan disinfektan serta 150 alat penyemprot untuk warga.
“Kami tempatkan juga beberapa wastafel di tempat umum, supaya warga rutin cuci tangan, “ tukasnya.

X