logo2021

Aksi Si jago merah kembali menghanguskan salah satu rumah di Kp. Padaasih Rt/Rw. 18/05 Desa Padaasih Kecamatan Cisaat kabupaten Sukabumi pada pukul 19.30 Wib pada akhir bulan Mei lalu (31/5). Kebakarn ini memusnahkan satu unit rumah milik seorang lansia yang mendiami rumah tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Assesment PMI dilapangan, kejadian ini bermula dari tungku tempat masak/hawu yang mengaibatkan sisa-sisa api dan menjalar ke bagian material rumah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah duka ini, hanya mengakibatkan hangusnya seluruh bangunan rumah yang didiaminya dan memaksa pemiliknya seorang lansia ini diungsikan ke rumah kerabat keluarganya.


“Kobaran api ini mengakibatkan warga disekitar tempat kejadian ini panik, dengan berbekal peralatan dan sumber daya seadanya warga berusaha keras bergotong royong untuk memadamkan si jago merah ini,” ungkap Madni, saksi mata yang melihat kejadian tersebut.

Lebih lanjut lagi Madni menuturkan untuk mengantisipasi menjalarnya arus api ke rumah sekitar pihaknya meminta bantuan dinas pemadam kebakaran Pos cisaat dan cibadak untuk mendatangkan kendaraan taktisnya, walaupun pada akhirnya proses pemadam sedikit terhambat disebabkan akses jalan masuk ke lokasi sangat kecil dan tidak bisa dilewati kendaraan sehingga hanya dilakukan pemadaman secara manual, tutur madni. Dalam merespon musibah ini berbagai bantuanpun mulai berdatangan mulai dari pemerintah daerah (PEMDA), BPBD dan lembaga kemanusiaan PMI kab.Sukabumi.

Dalam musibah ini PMI Kab.Sukabumi memberikan bantuan kedaruratan berupa paket family kit, terpulin dan food parsel yang diberikan langsung kepada keluarga korban dengan disaksikan ketua Rw dan tokoh masyarakat setempat.

Bantuan tersebut merupakan bantuan pendukung untuk korban yang merupakan titipan dari masyarakt melalui keterlibatan aktip melalui donasi kemanusiaan kepada PMI untuk dikelola dalam program dan misi sosial kemanusiaan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Markas PMI kab.Sukabumi 0266 236447

X