logo2021

KOTA CIREBON – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon turut berperan dalam proses cek point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada kendaraan yang hendak masuk ke wilayah tersebut. Salah satunya di kawasan Jalan Slamet Riyadi (Krucuk) Pos Tangkil Cirebon.

Ratusan bahkan ribuan pengendara telah tercatat identitasnya serta dilakukan pemeriksaan kesehatan (suhu tubuh), sekaligus pembagian masker dan memberikan paket PHBS sesuai sasaran. “Dalam pengecekan suhu tubuh pengendara, relawan PMI yang bertugas menghadapi berisiko besar, karena kontak langsung dan sangat dekat jaraknya dengan warga. Untuk itu, para relawan diwajibkan menggunakan alat pelindung diri yang lengkap dan sesuai standar,” kata Ketua PMI Cirebon.

Selain mengenakan masker standar medis dan sarung tangan karet, petugas relawan PMI juga mengenakan face shield atau google glass transparan. Ada juga beberapa relawan yang mengenakan sepatu boots di tengah teriknya matahari dan pantulannya dari aspal jalan.

“Terkadang, PMI juga melakukan penanganan pertolongan pertama dan ambulans ketika terjadi kecelakaan lalulintas,” ujarnya.

Setiap malam, relawan PMI Kota Cirebon melakukan penyemprotan desinfektan di jalan protokol. Meski berisiko tinggi, namun relawan PMI tetap melaksanakan tugasnya dengan serius sesuai prosedur. “Mereka bertugas tanpa henti dan berjuang melawan Covid-19. Adakalanya mereka ingin pulang kampung namun mereka tetap memilih untuk berjuang dalam kemanusiaan. Untuk menghibur diri, relawan bermain tiktok yang saat ini tengah tren,” tandasnya.***

X