logo2021

JAKARTA – Untuk meningkatkan kapasitas relawan PMI di bidang kesiapsiagaan bencana dan pengurangan risiko berbasis masyarakat, PMI Provinsi DKI Jakarta mengadakan Pelatihan Pelatih Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM) kepada 19 relawan PMI se Jakarta. Pelatihan berlangsung sejak 21-25 Maret 2014 di Bogor Jawa Barat dan dibuka oleh Wakil Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta Bidang Penanggulangan Bencana H. Komarudin Hasjim.

“PMI berusaha memberikan pelayanan dengan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana. Dengan pelatihan ini, relawan PMI diharapkan dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuannya dan menularkan pengetahuannya kepada orang lain,” jelas Komaruddin.


Peserta pelatihan mendapatkan materi seperti kepalangmerahan, konsep pengurangan risiko Bencana, merancang program berbasis kompetensi, dan sebagainya. Para fasilitator pelatihan berasal dari PMI Pusat, PMI Provinsi DKI Jakarta dan PMI Kota. Melalui berbagai materi ini, relawan dibekali teknis pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat, terutama saat bertugas dalam bencana dan melakukan program pengurangan risiko berbasis masyarakat di lapangan.

Para peserta juga diharapkan mampu menggerakkan anggota relawan PMI lainnya, kelompok sebaya masyarakat, dan masyarakat umum dalam program KBBM-PERTAMA (Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat).

“Melalui pelatihan tersebut juga diharapkan menghasilkan Relawan yang memahami sekaligus dapat mempraktekkan konsep dan strategi KBBM-PERTAMA, serta menghadapi tantangan sebagai agent of change (agen perubahan) di masyarakat dalam upaya risiko bencana.

Menurut Panca Widodo, Relawan dari PMI Kota Jakarta Utara yang ikut dalam pelatihan tersebut, mengharapkan adanya jenjang pelatihan lebih lanjut. “Harus ada jenjang pelatihan untuk menambah kapasitas dan kualitas dari para relawan,” harap Panca Widodo, relawan PMI Jakarta Utara.

 

Untuk informasi lebih lanjut: Rusli Sahid, Koordinator Lapangan Program PRB-API Perkotaan PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 081219384872. Abdurrahman, Staf Bidang Organisasi & Komunikasi PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 08129944499

 

 

 

X