logo2021

Program (WASH) kerja sama Samsung dengan  Palang Merah Korea,  PMI, dan IFRC bertujuan untukmeningkatkan ketahanan dan pemberdayaan sekitar 40,000 warga masyarakat  di 20 komunitas dan 10 sekolah di Jawa Timur dan Kalimantan Timur

Jakarta, Indonesia – 11 Maret 2015 – PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) bekerja sama dengan Palang Merah Korea , Palang Merah Indonesia (PMI), dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah  (IFRC)   bermitra dalam sebuah kerja sama pemberdayaan air bersih dan sanitasi atau secara internasional dikenal dengan Water, Sanitation and Hygiene (WASH) di wilayah Kalimantan Timur dan Jawa Timur. Penandatanganan kesepakatan kerja sama yang dilakukan hari ini juga sebagai bentuk simbolisasi donasi Samsung sebesar USD 300.000/tahun kepada Red Cross yang akan digunakan seluruhnya untuk implementasi program WASH selama dua tahun masa perjanjian (2015-2017).


“Melalui kerja sama ini Samsung berkomitmen untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial.  Program WASH meningkatkan akses terhadap air bersih, oleh karena itu kami ingin memberdayakan Masyarakat agar memperoleh sanitasi dan gaya hidup sehat yang lebih baik,”  tutur Kanghyun Lee Vice President of Corporate Affairs and Corporate Business PT Samsung Electronics Indonesia. “ Empat lembaga  ini  saling bergandengan tangan  untuk dapat memaksimalkan hasil kerja program WASH, juga  untuk mempromosikan  pengurangan resiko bencana sebagai bagian dari tujuan program WASH yakni mengurangi penularan penyakit,” lanjut Lee.

Saat ini di Kalimantan Timur tercatat baru   32,5% penduduk yang memiliki  akses terhadap fasilitas air bersih yang layak (improved water facilities),  sementara 42,5% dari populasi masyarakat Jawa Timur juga masih memiliki keterbatasan untuk mendapatkan air bersih. Dalam program WASH ini nantinya, diharapkan dapat menjangkau 40.000 masyarakat penerima manfaat di dua provinsi tersebut yang tersebar di 20 komunitas dan 10 sekolah, serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta pengelolaan air. .

PMI akan bekerja bersama  anggota masyarakat dan  sukarelawan PMI di kabupaten/kota, serta para pemangku kepentingan lainnya, mulai dari kegiatan promosi kesehatan untuk perubahan perilaku hingga mitigasi struktural melalui pembangunan sarana penunjang air bersih seperti tangki air serta MCK (Mandi Cuci Kakus). Program kerja sama dua tahun ini  akan berlangsung hingga  2017.

Sekretaris Jendral PMI, dr. Ritola Tasmaya, MPH mengatakan, dengan sumber daya yang PMI miliki di setiap kabupaten dan kota tentu akan memudahkan PMI dalam menjalankan program bersama masyarakat, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). “Masyarakat bersama dengan sukarelawan PMI akan bekerja bersama untuk menjalankan program ini, yang intinya dari masyarakat untuk masyarakat, agar tercapainya perubahan perilaku serta akses atas air dan sanitasi dapat dengan mudah didapat masyarakat,” jelas Ritola.

Kepala Delegasi IFRC Indonesia, Giorgio Ferrario, menambahkan,  program WASH ini merupakan kontribusi langsung demi terciptanya masyarakat yang lebih tangguh, serta terhadap pencapaian tujuan strategis global Strategy 2020 IFRC untuk menciptakan kehidupan yang lebih sehat dan aman. Kerjasama antara IFRC, dunia usaha,  dan pemerintah pusat hingga daerah, merupakan hal strategis demi menghadapi berbagai persoalan kemanusiaan di abad ke-21  ini.

“Kerja sama antara sektor swasta dan kemanusiaan merupakan hal yang kritikal dalam membangun masyarakat yang tangguh. . Program bersama Samsung, Palang Merah Korea, IFRC dan PMI di bidang sanitasi air dan hygiene ini merupakan contoh bagus dan konkret tentang cara kita bekerja di masa depan,” ujar Giorgio.  Ia juga memastikan komitmen IFRC mendukung PMI dan Samsung di dalam pelaksanaan program tersebut.

Sekretaris Jenderal Palang Merah Korea, Ho-Kwon Kang menyatakan, “Kami amat senang dapat berkontribusi terhadap program penting ini, bekerja sama dengan PMI dan IFRC. Kami juga siap mendukung penuh suksesnya pelaksanaan program.” Palang Merah Korea, bermitra erat dengan Samsung, juga telah membantu masyarakat rentan melalui program WASH dan kesehatan di negara Myanmar, Malawi, dan Tanzania.

For more information:

Untuk informasi lebih lanjut:

Shinta Wardiastuti     
Corporate Marketing Manager

PT Samsung Electronics Indonesia

Ph: 021 – 5299 1777

Fax: 021 – 5140 2080

HP: 0816 1991 991

shinta.w@samsung.com

 

dr. Moh.Arfan Fathurohman

Head of Health Division

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Phone : +62217992325 ext 306/307,

Mobile: +62 0816 1696 6881

m_arfan@pmi.or.id

X