logo2021

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko menerima kunjungan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat dan peserta ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Centre) di Wisma Perdamaian – Semarang, Minggu malam lalu (26/4). Kunjungan ini merupakan bagian dari program AHA yang melaksanakan pendidikan dan latihan di Pusdiklat PMI Jateng – Semarang, hingga 30 April mendatang.

Wagub mengemukakan bahwa Provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi yang paling rawan di Indonesia.  Pemerintah daerah sangat terbantu oleh PMI, meskipun telah ada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, peran PMI juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. “PMI tanpa diperintah sudah langsung jalan saat terjadi bencana di Jawa Tengah secara aktif dan antisipatif,” ujar Heru Sudjatmoko mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sedang dinas ke Sumatera.


Didampingi Sekjend PMI Ritola Tasmaya dan Ketua PMI Jateng Imam Triyanto, Wagub menyatakan bahwa suatu kehormatan bagi Jawa Tengah menjadi tuan rumah Red Cross and Red Crescent Induction Course yang diikuti 16 orang peserta dari negara-negara di ASEAN. “Di Jawa Tengah banyak tempat wisata yang menarik dan wisata kuliner. Semoga dapat membuat nyaman para peserta selama di Semarang,” pesan Wagub sembari promosi budaya Jateng.

Pertemuan yang diawali dengan sajian tari Gambyong ini dihadiri pula oleh Head of Delegation IFRC Asean Anne Leicre dan Delegasi IFRC Asia Tenggara Georgio Ferrario, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat H Sumarsono, dan beberapa kepala dinas dilingkungan Pemprov Jateng. Selain di Semarang, peserta juga akan melakukan kegiatan kunjungan ke Griya PMI Surakarta dan PMI Yogyakarta.

Terjadinya bencana gempa di Nepal, Sekjend PMI Ritola Tasmaya mengungkapkan bahwa PMI akan memberangkatkan personil yang akan bergabung dengan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC). “PMI akan memberangkatkan personil ke Nepal untuk bergabung bersama personil lain dari berbagai negara. Saat ini bandara disana masih lumpuh,” ungkapnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455, Email  : nashrjateng@gmail.com

X