logo2021

LEMBATA, NTT-Jenazah salah satu korban banjir bandang di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil dievakuasi relawan Palang Merah Indonesia (PMI) pada Selasa (6/4/2021). Jenazah berjenis kelamin laki-laki tersebut ditemukan tak jauh dari rumahnya di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape. Warga lokal dibantu petugas BNPB dan relawan PMI masih melakukan evakuasi korban bencana dengan alat sederhana lantaran akses alat berat menuju lokasi bencana terkendala.

Sejumlah relawan PMI Lembata membantu evakuasi jenazah yang teridentifikasi bernama Santi di Desa Amakaka. Salah seorang anngota Korps Sukarela (Ksr) PMI Lembata Elisabeth Huar menerangkan, evakuasi jenazah tersebut melibatkan alat berat lantaran banyaknya puing bangunan serta material lainnya yang menghambat. Tim Evakuasi PMI sendiri, sambung Elisabeth telah tiba di lokasi bencana tidak kurang dari enam jam pascabencana.

“Di tempat ini, sebelumnya kami sudah sisir. Tapi karena tumpukan material sangat banyak jadi tidak terlihat. Setelah terlihat, tim kerahkan alat berat untuk bongkar material, “ terang Elis, sapaan akrab Elisabeth.

Setelah alat berat exavator membongkar material bebatuan dan gelondongan kayu, tampak korban berada tumpukan tersebut. Tim, terang Elis, langung membersihkan material dan mengevakuasi jasad yang kemudian teridentifikasi berjenis kelamin perempuan. Sejumlah relawan PMI Lembata ikut terlibat dalam pembersihan material dan evakuasi jasad korban ke mobil ambulans untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lembata.

“Salah satu warga lantas mengenali jasad tersebut sebagai istrinya bernama Santi dari celana pendek yang dikenakan korban,” tambah Elis.

Penemuan dan evakuasi jasad Santi, menambah daftar korban meninggal dunia menjadi 10 orang dari Desa Amakaka sejak evakuasi pertama pada hari kejadian Bencana Banjir Bandang, Minggu (4/4/2021). Jumlah korban yang berhasil dievakuasi hari ini yakni3 korban meninggal dunia dari Desa Amakaka.

Farhan Irfan

Farhan Irfan

Staf Humas Markas Pusat PMI

https://pmi.or.id
X