logo2021

KOTA SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi berupaya memaksimalkan pelayanannya membantu pemerintah dalam operasi penanganan memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Saat ini PMI Kota Sukabumi dengan berbagai dukungan yang ada berupaya memaksimalkan keberadaannya terutama membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara masif di berbagai lokasi sentra publik,” ujar Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo, Kamis (28/5).

Pernyataan Suranto tersebut diungkapkan pada acara penyerahan simbolis bantuan dari PMI Kota Sukabumi melalui dukungan PMI Pusat, Palang Merah Amerika (American Red Cross) dan United States Agency for International Development (USAID) yang diserahkan secara simbolis kepada Walikota Sukabumi untuk selanjutnya akan disalurkan oleh PMI kepada masyarakat terutama di wilayah program saat ini. Acara tersebut berlangsung di Ruangan Pertemuan Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Menurut Suranto, bantuan yang diserahkan melalui dukungan program tersebut yakni 10 unit wastafel portabel, 300 paket PHBS/covid kit, 25 set Alat Pelindung Diri (APD) serta 2.000 masker kain yang merupakan hasil produksi para relawan yang tergabung dalam Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) binaan program PMI Kota Sukabumi.

“PMI juga akan menggerakan relawan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dua kali dalam seminggu terkait upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan melakukan woro-woro dan siaran kampanye keliling dengan kendaraan yang sudah disiapkan,” tandasnya.

Ditambahkan, dalam upaya memaksimalkan mitigasi dan pencegahan penyebaran Covid-19, berbagai cara sudah dilakukan, salah satunya dengan mendatangkan kendaraan taktis Gunner Spraying Blower yang sengaja didatangkan dari PMI Provinsi Jawa Barat guna membantu melakukan sterilisasi di sejumlah ruas jalan arteri dan menyisir ke beberapa lokasi di wilayah Kota Sukabumi.

“Sejumlah upaya ini sebagai bentuk komitmen dan kerja keras PMI, membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 secara maksimal,” tambah Suranto.

Suranto berharap, dengan adanya kolaborasi dengan berbagai dukungan semua pihak, kondisi penyebaran Covid-19 saat ini akan segera berakhir. “Kami mengajak seluruh warga Kota Sukubumi selalu menerapkan disiplin dan mengikuti imbauan dari pemerintah saat ini, serta selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing masing,” pungkasnya.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi bersyukur bisa bersinergi dengan PMI dalam penanganan Covid-19. Langkah PMI tersebut jadi penyemangat bagi pemkot karena kolaborasi sangat penting. “Tidak mungkin hanya pemerintah yang menangani. Butuh dukungan dari semua elemen,” kata Walikota.

Ditambahkan Fahmi, kolaborasi dengan semua pihak, khususnya PMI dapat terus dilakukan pada fase selanjutnya, sehingga dapat memberikan edukasi kepada warga bahwa new normal bagian tidak terpisahkan pada masa mendatang.***

X