logo2021

KEDIRI, JAWA TIMUR-Kesiapsiagaan menghadapi situasi darurat di tempat bekerja perlu dilatih dan disiapkan. Hal tersebut seperti dilakukan Manajemen Hotel Grand Surya Kediri bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kediri dalam Pelatihan Pertolongan Pertama pada Senin (22/3/2021).

Pendidikan dan pelatihan kepalangmerahan oleh PMI Kota Kediri rutin dilakukan di sejumlah instansi, organisasi, atau persuhaan. Pelatihan pertolongan pertama, kata Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PMI Kota Kediri Hengky Irawan, setidaknya digelar setahun sekali. Selain untuk meningkatkan kapasitas dalam keadaan darurat, sambung Hengky, pengulangannya juga dilakukan untuk penyegaran.

“Pelatihan ini akan dilaksanakan sekali setiap tahunnya. Biar gak lupa, bila perlu penambahan materi kesehatan darurat lainnya,” kata Hengky.

Para pegawai Hotel Grand Surya Kediri menjalani sejumlah skenario keadaan darurat saat bekerja. Disimulasikan seorang pengunjung hotel tenggelam di kolam renang hotel. Kemudian, staf hotel diajarkan cara menolong serta penanganan awal yang tepat pada korban tersebut.

“Kemudian dalam hal kejadian henti jantung, kami berikan materi Resusitasi Jantung Paru-Paru (RJP) atau CPR, dan materi pertolongan pertama umum lainnya,” tukas Hengky Irawan.

Salah seorang peserta pelatihan Sunarsih berharap, pelatihan tersebut dapat memperkuat sistem kesehatan darurat sejumlah pemangku kepentingan di Kota Kediri. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meminimalisasi korban kecelakaan di tempat kerja.

“Sangat bermanfaat, potensi kecelakaan kerja itu kan selalu ada, ini upaya pencegahan juga,” ungkapnya.

X