logo2021

Bencana longsor kembali terjadi di kabupaten Sukabumi pada Selasa lalu (10/3) pukul 7.30 Wib tepatnya di Kp.Cibuntu Rt.03/04 Desa Pasawahan kecamatan cicurug kabupaten Sukabumi.

Data yang terhimpun berdasarkan Tim assesmen PMI dilapangan mengakibatkan 3 korban jiwa warga Kp. Cibuntu Rt. 05/04 Desa pasawahan. ketiga korban tersebut tertimpa longsoran tanah setinggi 70 Meter saat mereka mencari pasir disaluran air.


Dalam operasi pencarian korban kali ini diikuti oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri PMI,  TNI/ POLRI,  BPBD, BASARNAS, dan dibantu warga sekitar. Medan yang cukup sulit mengakibatkan para petugas dan sukarelawan PMI kesulitan dalam proses pencariannya, sehingga memaksa mendatangkan alat berat berupa armada Beko miliknya Dinas Pekerjaan umum untuk membantu proses pengerukan material yang diakibatkan tanah longsoran.

Sekitar pukul 17.25 WIB. Satu dari tiga korban tertimbun, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Penemuan korban itu bermula dari terlihatnya kaki sebelah kanan saat pengerukan oleh Sukarelawan PMI yang berada dekat dengan kendaraan alat berat miliknya Dinas PU pada saat proses pengerukan tanah.

Para petugas dan warga yang melihat spontan berteriak agar pengerukan dihentikan. Selanjutnya pengerukan secara manual dengan cangkul dan tangan. Pengerukan korban berlangsung sekitar setengah jam. Korban langsung di evakuasi ke posko bencana BPBD Kab Sukabumi.

Memasuki hari kedua, selasa (11/3). Operasi pencarian korban bencana longsor cibuntu, cicurug Sukabumi berbuah hasil, Tepat pukul 7.30 pagi Tim SAR gabungan kembali memulai aktivitas pencarian setelah hari kemarin sempat berhenti karena terhambat waktu dan cuaca. Satu alat berat kembali didatangkan untuk membantu proses pengerukan tanah longsoran.

Proses evakuasi berjalan cukup Hati-hati mengingat kondisi medan yang cukup bahaya sehingga menyulitkan para petugas dan sukarelawan yang bertugas. Selang beberapa waktu tepatnya didekat lokasi ditemukannya jenazah sebelumnya, tampak jasad korban berparas laki-laki, spontan para sukarelawan PMI yang kebetulan dekat dengan jasad ditemukannya korban bergegas melakukan evakuasi manual.

Dengan proses yang cukup menegangkan dan memakan waktu akhirnya jasad korban bisa terangkat, dengan segera di masukan pada kantong jenazah. Selang terpotong waktu istirahat, tepatnya sekitar pukul 13.45 wib Tim SAR gabungan kembali menemukan satu jasad terakhir yang merupakan korban terakhir dalam musibah bencana longsor cibuntu ini. Dengan telah ditemukannya semua korban, operasi SAR bencana longsor cibuntu, cicurug, sukabumi resmi ditutup.

Ditemui dilokasi bencana, kepala markas PMI Kab.Sukabumi, budiharto menjelaskan Dalam operasi SAR kali ini PMI kabupaten Sukabumi menerjunkan para Sukarelawan PMI (KSR) untuk membantu proses pencarian dan evakuasi korban.

Selain itu  Budiharto menambahkan, Untuk mendukung mobilisasi dalam operasi SAR kali ini PMI menyiagakan satu unit kendaraan taktis Rescue Hilux, peralatan evakuasi, paket natura dan family kit untuk dukungan para keluarga korban. takhanya itu dalam usaha kampanye safety dalam operasi, sukarelawan PMI membagikan sarung tangan latek dan masker kepada para masyarkat yang ikut membantu, hal ini merupakan bagian dari standar operasional prosedur (SOP) dalam medan operasi bencana.

Untuk Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :Budiharto (Kepala Markas PMI Kab.Sukabumi ) Hp: 085871122276, kontak Media : A.Maulana (085659103056)

X