logo2021

Memberikan layanan berkualitas melalui kerjasama dengan masyarakat dan mitra, merupakan salah satu misi Palang Merah Indonesia (PMI). Salah satu langkah mengemban itu, PMI Provinsi Jawa Tengah selenggarakan pelatihan Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) dan pelatihan Manajemen Keuangan yang diikuti 70 orang staf PMI kabupaten-kota Se-Jawa Tengah

Ketua PMI Jateng H. Imam Triyanto mengatakan bahwa upaya Kesehatan Transfusi Darah (UKTD) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat, menjadi tanggungjawab PMI yang diamanatkan pemerintah.


“Staf PMI diberikan pelatihan untuk mempengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat dari yang tidak tahu tentang donor darah menjadi memahami serta berpartisipasi sebagai donor darah bahkan menjadi sukarelawan,” ujar Imam saat membuka pelatihan di Gedung Prof.DR.dr.H. satoto, SpGK, Komplek PMI Center, Semarang (6/5).

Pelatihan yang diselenggarakan hingga 11 Mei mendatang ini diharapkan dapat membekali peserta dengan strategi efektif dalam rekrutmen dan pelestari donor darah sukarela untuk memenuhi kebutuhan pelayanan transfusi darah di Jateng. “Pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas petugas P2D2S dalam memberikan pelayanan donor darah kepada masyarakat,” harap Imam.

Transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan administrasi keuangan juga menjadi prinsip pengelolaan PMI di Jawa Tengah. “Standar pengelolaan dan administrasi keuangan PMI dapat menyesuaikan dengan kebutuhan secara Nasional dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan dan sistim lokal, termasuk prosedur pelaporan keuangan PMI sesuai standar akuntansi serta prosedur verifikasi,” jelasnya.

PMI yang berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat yang menjadi visi PMI sebagai organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455, Email  : nashrjateng@gmail.com

X