logo2021

Banda Aceh – Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan SAR Nasional (BASARNAS) mengelar Latihan Gabungan dengan Sandi Siwah Angkasa, di Uleue Lhee, Banda Aceh, Kamis (15/01). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, mensosialisasi dan menguji prosedur kerja operasi SAR dan kesiapsiagaan personil lembaga atau instansi berpotensi SAR.

Latihan Gabungan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 14 sampai 15 Januari 2015. Mengambarkan Pertolongan SAR dilaut team Gabungan mengevakuasi korban kecelakaan pesawat kecil di perairan Selat Bengala, Aceh. Sejumlah team turut membantu dan berkoordinasi dengan baik sehingga terjalin komunikasi yang efektif.

 

PMI yang tergabung dalam team menurunkan satu unit Ambulans Emergency serta 4 (empat) Kru Ambulans professional yang siap membantu setiap saat. PMI bertugas memberi pertolongan setelah Badan SAR Aceh mengevakuasi dari laut kedarat.

Dengan gesit kru Ambulans PMI Kota Banda Aceh mengambil alih peran team SAR serta membemberikan pertolongan pertama dan memasang oksigen kepada korban yang tidak sadarakan diri sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan.

Dalam kegiatan latihan Gabungan setiap instansi mempunyai peran masing-masing dibidangnya dan terus melakukan koordinasi serta komunikasi sehingga korban bisa di evakuasi.

Ketua SAR Aceh Budiawan, S.Sos, M.Si ketika dikonfirmasi setiap personil ataupun lembaga yang telibat Latihan SAR bisa terus berkomunikasi dan berkoordinasi sehingga tugas kemanusiaan ini bisa dilaksana dengan SOP yang ada.

Adapun instansi yang ikut simulasi latihan SAR Siwah Angkasa yaitu, PMI, BASARNAS, BPBA, BPBD Banda Aceh, Yonzipur 16/DA, TNI AL, Paskhas TNI-AU, dipolair, Gegana Polda Aceh, Bakorkamla RCC, KSOP Malahayati, UPTD Pelabuhan Uleu lheue, KKP, P2KK, Kwarda Pramuka, RAPI, ORARI, IOF, Panglima Laot dan Media Massa.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Maskur, ST  Staff kehumasan PMI Kota Banda Aceh, Tlp. 0852 6015 0020, email : pmibandaaceh@gmail.com

X