logo2021

BABEL – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (20/4/2021) pagi menerima kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Barat.

Kedatangan para Wakil Rakyat ke PMI Babel itu dalam rangka audiensi mengenai Peran Pemerintah dalam mendukung Operasional Kegiatan PMI.

Rombongan DPRD Bangka Barat yang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Bangka Barat Marudur Saragih dan didampingi sejumlah Pengurus PMI Bangka Barat tersebut, disambut Andri Nurtito selaku Ketua Bidang Donor Darah  mewakili Ketua PMI Babel Abdul Fatah beserta sejumlah Pengurus PMI Babel.

Dalam audiensi berlangsung di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Babel di Air Itam Pangkalpinang itu, Ketua DPRD Bangka Barat Marudur Saragih mengatakan kunjungan mereka ke PMI Babel adalah untuk mengetahui langsung mengenai peran pemerintah daerah (Pemda) dalam mendukung kegiatan PMI.

Selain itu, DPRD Bangka Barat juga ingin tahu langsung hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan peran, khususnya PMI di Bangka Barat.

“Kami dari Komisi I DPRD Bangka Barat mendukung dan siap mensupport PMI Bangka Barat melalui anggaran. Dari tahun lalu dan tahun ini, kami sudah support anggaran, walaupun angkanya masih kecil. Namun tahun 2022 mendatang kami akan support agar anggaran PMI Bangka Barat dinaikkan,” kata Marudur.

Pihaknya menilai, sudah banyak kegiatan kemanusiaan yang telah dilakukan oleh PMI Bangka Barat, terlebih di masa pandemic Covid-19 ini.

Guna membantu memaksimalkan peran PMI Bangka Barat, ditambahkan anggota Komisi I DPRD Bangka Barat lainnya, terutama berkenaan dengan pelayanan donor darah, DPRD Bangka Barat berkeinginan membuat Peraturan Daerah.

Sementara itu, Ketua PMI Babel Abdul Fatah diwakili Ketua Bidang Donor Darah Andri Nurtito menyambut baik kunjungan Komisi I DPRD Bangka Barat ini. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa DPRD Bangka Barat sangat mendukung kiprah PMI Bangka Barat.

Jajaran Pengurus PMI Babel saat menerima audiensi Ketua dan Anggota Komisi DPRD Bangka Barat, Selasa (20/4/2021).(Foto: Humas PMI Babel).

Dihadapan Ketua dan Anggota Komisi I DPRD Bangka Barat Andri juga memperkenalkan jajaran kepengurusan PMI Babel saat ini, dilanjutkan memaparkan sekilas kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PMI Babel dan support dana maupun sarana dan prasana dukungan dari Pemerintah.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kemanusiaan oleh PMI Provinsi, dari penganggaran Pemerintah Provinsi telah memberikan supportnya yang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Berkenaan dengan donor darah, kata Andri, Ketua dan Anggota DPRD Bangka Barat memiliki peran penting untuk bisa mengajak masyarakat mendonorkan darahnya melalui kontituen masing-masing.

Ketua Bidang Organisasi PMI Babel Arbian dalam kesempatan sama turut menjelaskan sekilas tentang PMI dan perannya.

Ia berharap DPRD Bangka Barat bisa memberikan support secara terus menerus terhadap PMI Bangka Barat baik dari sisi penganggarannya maupun yang lainnya.

Begitu pula dengan Sekretaris PMI Babel Mardani, menyampaikan harapannya agar PMI Bangka Barat melalui dukungan DPRD Bangka Barat bisa memiliki Unit Donor Darah. (Ahmad/Idris)

X