logo2021

Plh. Ketum Palang Merah Indonesia (PMI), Ginandjar Kartasasmita, didampingi Pengurus PMI Pusat bidang PMR dan Relawan, Muhammad Muas, membuka secara resmi acara rapat Jaringan Kerja Palang Merah Remaja/Pemuda se-Asia Tenggara atau SEAYN (South East Asia Youth Network), Minggu, (2/8). Bertempat di Hotel 101 Dharmawangsa Sedayu, Jakarta Selatan, PMI yang menjabat Ketua SEAYN 2014-2015 mengakhiri masa jabatannya dan secara resmi menyerahkan tampuk pimpinan 2015-2016 kepada Bulan sabit Merah Malaysia.

SEAYN merupakan turunan dari Jaringan Palang Merah Remaja/Pemuda se-Asia Pasifik atau APYN (Asia Pacific Youth Network). Dibentuk pada bulan Mei 2013 dalam Forum Pengembangan Organisasi dan PMR se-Asia Tenggara, SEAYN dikepalai oleh Palang Merah Kamboja. SEAYN beranggotakan kepala divisi bidang PMR dari masing-masing perhimpunan nasional.


Ginandjar Kartasasmita, Plh. Ketum PMI mengatakan SEAYN ini memiliki tujuan untuk menguatkan jaringan pemuda/remaja Palang Merah-Bulan Sabit Merah di kawasan Asia Tenggara melalui berbagai rencana dan inisiatif kepemudaan/remaja.

“Disetiap perhimpunan nasional, Palang Merah Remaja dan sukarelawan adalah tulang punggung dari organisasi kita dalam pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya SEAYN, kita dapat meningkatkan kapasitas Sukarelawan dengan cara saling bantu antar-Perhimpunan Nasional (peer to peer support) khususnya di kawasan Asia Tenggara.” Imbuhnya.

Rapat SEAYN ke-3 yang berlangsung selama dua hari ini, diikuti 16 delegasi dari 9 Perhimpunan Nasional, termasuk PMI. Hadir pula perwakilan PMI Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, sebagai peninjau. Pertemuan ini membahas isu-isu penting mengenai palang merah remaja (PMR)/pemuda di kawasan Asia Tenggara, peluang dan tantangannya. Pertemuan ini juga mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu setahun terakhir. Serta menyepakati rencana aksi untuk setahun ke depan (2015-2016).

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Exkuwin Suharyanto, Kepala Divisi PMR dan Relawan PMI Pusat, Telp. +62-21-7992325, E-mail: exkuwin_suharyanto@pmi.or.id

X