logo2021

Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR.Terdapat di PMI cabang diseluruh Indonesia, dengan anggota lebih dari 3 juta orang, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

PMI secara berkala dan berkelanjutan terus merencanakan pengembangan PMR dan juga menampung motivasi, idealisme, pengalaman dan keterampilan remaja guna mendukung kemajuan PMI.


Berdasarkan  Program Kerja PMI Tahun 2015, maka PMI Kabupaten Banyumas pada Tahun 2015 ini menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Asisten Pembina PMR tingkat Madya dan Wira dengan tema MEMBENTUK PMR YANG TANGGAP, MANDIRI, DAN BERKARAKTER. Yang diselenggarakan selama 2 minggu dimulai pada tanggal, 12 April 2015 sampai dengan 28 April 2015. Kegiatan ini diikuti oleh 95 peserta yang merupakan angota perwakilan dari 30 kelompok PMR di wilayah kabupaten Banyumas

Drs. Restu Prabowo, Wakil Ketua II PMI Kabupaten banyumas menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan nilai tujuh prinsip kemanusiaan palang merah, serta mengembangkan pengetahuan kepalangmerahan di kelompok PMR.

Materi yang disampaikan antara lain Pengetahuan Gerakan Palang Merah Internasional dan Palang Merah Indonesia, Donor Darah, Manajemen PMR, Pertolongan Pertama, Cedera Jaringan Lunak dan Sistem Otot Rangka, Komunikasi Efektif, Pemindahan Penderita, Pendidikan Remaja Sebaya, Sekolah Siaga Bencana dan Perawatan Keluarga.

“Kegiatan ini berisi pelatihan dan interaksi dalam bentuk dinamika kelompok untuk mengasah dan mengembangkan karakter anggota Palang Merah Remaja di wilayah kabupaten Banyumas, penyampaian materi oleh tim pemateri dari Palang Merah Indonesia kabupaten Banyumas, dan praktek lapangan sebagai bentuk evaluasi dan pemantapan materi yang telah diberikan selama diklat berlangsung,” Jelasnya.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Irsyad, PMI Kabupaten Banyumas, Telp: (0281) 636303, Email: kab_banyumas@pmi.or.id

X