logo2021

Tim gabungan yang terdiri dari PMI Kota Bitung, TNI AD (Kodim Bitung), Batalion 712, TNI AL (Satkamla), TNI AU (Lanudsri), BASARNAS dan Polres Minut, kembali menghentikan sementara pencarian korban jatuhnya pesawat Elang Nusantara Air nomor pesawat PK. ELR type thrush 510, di perairan Minahasa Utara.

“Untuk sementara waktu pencarian dihentikan sampai pukul 18.00 Wita karena tim penyelam tidak dapat menjangkau kedalaman. Besok (4/12), pencarian dilanjutkan dimulai sekitar pukul 07.00 Wita dengan menggunakan robot selam,” Jelas Kepala Markas PMI Kota Bitung, Sefferson Sumampouw di Minahasa Utara, Rabu (3/12).

Pesawat itu diperkirakan jatuh di lokasi berkoordinat 01 derajat 21 53″ N dan 125 derajat 07 30″ E sekitar satu mil dari Pantai Firdaus Kema.

Sefferson mengatakan, belum ada perintah untuk menghentikan pencarian korban. “Jadi pencarian terus dilakukan sampai ada petunjuk,” katanya. PMI Kota Bitung menurunkan 22 orang relawannya untuk membantu pencarian awak pesawat.

Kronologi Kejadian

Terdengar ledakan yang berasal dari arah laut sekitar 1 kilometer dari pantai Tasikoki (2/12). Ledakan yang cukup kuat membuat warga yang berada di sekitar pantai Tasikoki berhamburan keluar dan berusaha mencari tahu. Berberapa nelayan yang sedang berlayar pun turut menuju sumber ledakan dengan menggunakan perahu Katinting.

Selang 30 menit setelah kejadian, beberapa nelayan yang menggunakan perahu tersebut menemukan 1 sayap pesawat berukuran sekitar 1,5 meter, 1 buah ban pesawat, 2 tas besar dan 1 buah tas kecil.

“Kami juga menemukan paspor awak pesawat, rompi serta laptop yang mengapung di atas air,” ujar Ventje, warga Tasikoki, yang sedang berlayar. Ventje bersama beberapa nelayan lainnya lalu membawa temuan tersebut ke darat dan melaporkannya ke pemerintah kecamatan.

Pesawat tersebut diketahui berasal dari Gorontalo dengan tujuan Ternate dan Timika. Pesawat tersebut sebelumnya sudah meminta ijin kepada ITC Bandara Samratulangi Manado pukul 09.30 wita dikarenakan cuaca buruk. Tak lama kemudian, Pukul 10.05 wita pesawat sudah lost contact dengan ITC Bandara Samratulangi Manado.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Sefferson Sumampouw, Kepala Markas PMI Kota Bitung, Hp: 085240365885

X