logo2021

Guna meningkatkan khasanah ilmu mengenai dukungan psikososial, Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mengadakan Pelatihan Dukungan Psikososial yang diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari PMI dibeberapa daerah yakni; DKI Jakarta, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, Sumatera Utara, Aceh, Makassar, Gorontalo, Papua, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Program Dukungan Psikososial (Psychosocial Support Prgramme/PSP) adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan  kesejahteraan  psikososial individu maupun masyarakat agar tetap berfungsi optimal pada saat mengalami krisis dalam situasi bencana maupun kecelakaan. PSP diberikan kepada kelompok masyarakat seperti anak-anak, remaja, dewasa dan lansia, penyandang cacat, pekerja kemanusiaan.


Kegiatan pelatihan ini dilakukan pada tanggal 3 – 5 Juni 2014 di GH. Universal Hotel, Bandung. Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari tersebut memiliki manfaat antara lain; Membantu individu untuk mengurangi beban emosinya, Mengembalikan fungsi sosial individu di dalam lingkungannya, Meningkatkan kemampuan individu di dalam pemecahan masalah – masalah yang dihadapi pasca bencana, Serta membantu para pekerja kemanusiaan untuk mengatasi masalah psikologis yang muncul akibat dari situasi yang dihadapi. Antusias para peserta sangat tinggi terlihat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan wawasan PMI diseluruh daerah mengenai program dukungan psikososial. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk mempererat kekeluargaan terhadap para relawan.” Jelas Leo Pattiasina, Sub. Divisi Pelayanan Kesehatan PMI Pusat.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Leo Pattiasina, Sub. Divisi Pelayanan Kesehatan PMI Pusat, HP. 081280446913

 

X