logo2021

Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta memperingati Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) 2014 yang dilaksanakan setiap tanggal 14 Juni. Pada tahun ini peringatan tersebut mengambil slogan Give Blood for Those who Give Life (Berikan darah bagi mereka yang memberikan kehidupan).

Hari Donor Darah Sedunia diadakan untuk meningkatkan kesadaran mendonorkan darah bagi kemanusiaan. Karena masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya mendonorkan darah untuk orang yang membutuhkan dan terutama bagi diri sendiri.Tujuan utama peringatan Hari Donor Darah Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebutuhan darah yang aman dan produk darah. Dan mengucapkan terima kasih kepada para pendonor atas kontribusi mereka untuk menyelamatkan jiwa.

Pendarahan hebat saat melahirkan dan setelah melahirkan merupakan penyebab utama kematian, morbiditas dan kecacatan jangka panjang. WHO merekomendasikan bahwa setiap negara harus menempatkan kebijakan, sistem dan struktur untuk memastikan keselamatan, kualitas, aksesibilitas dan ketersediaan tepat waktu darah dan produk darah untuk memenuhi kebutuhan dari semua pasien yang membutuhkan transfusi. WHO juga mendorong semua negara dan mitra nasional dan internasional yang bekerja pada transfusi darah dan kesehatan Ibu untuk mengembangkan suatu rencana kegiatan untuk menyoroti kebutuhan untuk akses yang tepat terhadap darah yang aman dan produk darah dalam pencegahan kematian Ibu.

Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan darah yang aman dan sehat kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

“PMI Provinsi DKI Jakarta akan berusaha secara maksimal untuk mengadakan rekuitmen donor, yang pada tahun 2014 mentargetkan perolehan darah sebanyak 315.000 kantong darah,” kata Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rini Sutiyoso.

Untuk memenuhi kebutuhan darah di DKI Jakarta, UDD PMI Provinsi DKI Jakarta juga telah melakukan usaha dari berbagai aspek, baik dari segi pelayanan dan kualitas maupun kuantitas darah. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen UDD PMI Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

PMI Provinsi DKI Jakarta memperingati kegiatan tersebut secara sederhana, dengan memberikan souvenir kepada pendonor darah sukarela yang menyumbangkan darahnya di PMI Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (14/6).

Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rini Sutiyoso memberikan souvenir berupa boneka dan berdialog kepada pendonor darah sukarela bersama rombongan dari Persatuan Bulan Sabit Merah Negara Brunei Darussalam yang sedang melakukan kunjungan ke PMI Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian pada hari Minggu (15/6) PMI Provinsi DKI Jakarta juga melaksanakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan golongan darah gratis pada acara Car Free Day di Jalan Thamrin Jakarta bekerjasama dengan Alfamart. Dalam acara tersebut, para pendonor darah sukarela dan masyarakat yang memeriksa golongan darahnya juga mendapatkan souvenir menarik dari PMI Provinsi DKI Jakarta.

Dalam acara Car Free Day, masyarakat sangat antusias mendatangani Mobil Unit Donor Darah PMI Provinsi DKI Jakarta untuk mendonorkan darahnya dan memeriksa golongan darah secara gratis. Banyak masyarakat yang datang untuk memeriksa golongan darahnya, diantaranya anak-anak, remaja, orang tua  dan juga balita.

Memperingati Hari Donor Darah Dunia 2014, PMI Provinsi DKI Jakarta juga akan melaksanakan seminar yang mengambil tema “Menuju Darah yang Berkualitas” pada tanggal 25 Juni 2014 mendatang. Seminar tersebut akan diikuti oleh instansi/organisasi yang selama ini secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:Dr. Dian WinartiKabid Pengadaan Darah Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi DKI Jakarta, Telp (021) 3906666 Ext 306 dan 317. Abdurrahman, Staf Bidang Organisasi dan Komunikasi PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 0812 9944499.

 

 

 

X