logo2021

SLAWI – Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMK Negeri 1 Slawi dan Palang Merah Remaja (PMR) Madya MTs Negeri Slawi disambangi oleh Tim dari PMI Provinsi Jawa Tengah, Rabu (27/8). Hal itu dilakukan dalam rangka Lomba PMR teladan yang digelar oleh PMI Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014.

“Kedua institusi sekolah  itu mewakili PMI Kabupaten Tegal untuk maju dalam lomba PMR teladan tingkat Jawa Tengah tahun 2014,” ungkap H. Iman Sisworo SH, Ketua PMI Kabupaten Tegal, usai menyambut dari Tim penilai PMI Provinsi, di SMK N 1 Slawi pagi tadi.

Tim Penilai  yang beranggotakan tiga  orang, yakni Rina Utami, Danang Setiyo dan Hestin Yusnita melakukan penilaian di awali dari SMK N 1 Slawi kemudian dilanjutkan penilaian di MTs Negeri Slawi.

Unsur yang dinilai dalam lomba PMR teladan itu meliputi penilaian administrasi,  pengecekan sarana prasarana,  proses rekruitmen, pelatihan dan simulasi, publikasi,  pengakuan dan penghargaan serta evaluasi  kegiatan pmr.

“Proses Penilaian terbagi dalam tiga  model yaitu presentasi dari ketua PMR, interview dengan siswa non PMR dan guru non Pembina PMR serta kunjungan sekolah untuk melihat kondisi fisik ruang PMR maupun UKS dan lingkungan sekolah,”ujar Rina Utami saat penilaian di lapangan.

Selama proses penilaian, Tim melibatkan secara langsung anggota PMR dan warga sekolah sebagai obyek penilaian melalui proses dialog langsung atau wawancara.

Di akhir acara, Tim melakukan evaluasi hasil  kegiatan selama penilaian.

“Secara umum, administrasi dan kegiatan PMR di kedua sekolah itu bagus, namun ada beberapa hal yang harus ditingkatkan, seperti  publikasi kegiatan baik dimedia masa maupun di jejaring sosial serta perlu meningkatkan pelatihan yang disertai simulasi bencana atau pertolongan pertama,”ungkap Hestin Yusnita, salah satu tim penilai lomba.

H Iman Sisworo menambahkan, kegiatan lomba yang digelar oleh PMI Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan setiap tahun berdampak positif  bagi PMR di pangkalan sekolah.

“Dampaknya, PMR di pangkalan sekolah selalu semangat untuk berlomba-lomba meningkatkan prestasi demi kemajuan PMR, apalagi modelnya yang mengikuti lomba setiap tahunnya pesertanya bergantian,”imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455 – 081575629075, email: nashrjateng@gmail.com

X