logo2021

Curah hujan tinggi yang mengguyur Jakarta dan beberapa wilayah Ibukota sejak Kamis (22/1) hingga Jumat (23/1) pagi menyebabkan sejumlah ruas jalan di Jabotabek tergenang.

Genangan air paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Utara, yakni sebanyak 36 titik. Berdasarkan data dari sukarelawan PMI di beberapa lokasi di Jabotabek, genangan air sudah mulai masuk ke permukiman warga.


Air sudah terlihat menggenangi permukiman warga di RW 06 Kelurahan Johar baru, Kecamatana Senen Jakarta Pusat, ketinggian air 40 cm, sedangkan di RW 03 Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, ketinggian 10 cm. Selankutnya di Kota Jakarta Barat banjir sudah terjadi di RW 01 Kelurahan Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng ketinggian air 30 cm, RW 01 Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng 30 – 70 cm. Sementara itu wilayah langganan banjir di RW 08 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, ketinggian mencapai 70 cm.

Disisi lain akibat hujan yang terus menerus, waduk sunter di Jakarta Utara kini jebol. Hal tersebut mengakibatkan kawasan Kelapa Gading tergenang hingga 70 cm.

Merespon hal tersebut, PMI di masing-masing Kota dan kabupaten telah menyiagakan sukarelawan untuk memberikan pelayanan kepada warga yang terkena dampak banjir.

“Posko dan relawan PMI siap 24 jam. Pelayanan untuk penanganan bencana banjir seperti perahu karet untuk evakuasi, dapur umum untuk para pengungsi, dan pelayanan kesehatan untuk bantuan medis juga sudah stand by,” jelas Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI, Arifin M. Hadi.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gumpalan awan Cumolonimbus tebal masih menyelimuti DKI Jakarta dan Sekitarnya. BMKG memprediksi hujan sedang hingga deras masih akan terjadi di seluruh Wilayah Ibukota, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor hingga kawasan puncak malam ini.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi: Kepala Divisi Penanggulangan Bencana (PB) Markas Pusat PMI, Arifin M. Hadi, HP. 0812 977777 55, Dodi Humas PMI DKI Jakarta, 0817 996 7791, atauPosko Bencana Markas Pusat PMI, Telp: 021 7992325 ext. 678. Kontak Media, Anggun Permana Sidiq, HP. 0856 97777 313 

X