logo2021
Hujan lebat yang melanda wilayah  Kabupaten Tegal yang terjadi sejak Jum’at  (23/1) mengakibatkan beberapa wilayah terendam, termasuk yang melanda Perumahan di RW 07 Kelurahan Dampyak Kecamatan Kramat. Hingga senin pagi ketinggian air hingga mencapai 30 – 60 cm atau setinggi lutut orang dewasa. Akibatnya sekitar  250 rumah tergenang hingga masuk ke dalam rumah dan sekitar  50 KK mengungsi. Sebagian mengungsi di Masjid dan sebagian ke rumah saudara.

Ketua RW 07 Kelurhan Dampyak Kecamatan Kramat, Suko Edi Priyo Leksono mengatakan, air mulai masuk sejak hujan lebat pada hari Jum’at sampe dengan Minggu kemarin. Air masuk dan menggenangi  rumah-rumah penduduk dengan ketinggian 30 hingga 60 cm.


“Banjir rob di wilayah kami adalah langganan setiap tahunnya. Kalau sudah masuk musim penghujan dan terjadi hujan lebat berhari-hari maka wilayah kami terkena banjir rob, karena kondisi daratan disini rendah apalagi air laut sedang pasang.”jelasnya.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, guna mengantisipasi rob pihak Pemerintah Desa sudah mengusahakan beberapa langlah seperti meninggikan jalan utama pada tahun 2014 dan memasang diesel penyedot air.
“Pada tahun 2015 ini warga melalui Pemerintah Desa  akan mengajukan ke pemerintah Provinsi pembuatan embong dan waduk di lahan yang sudah disediakan oleh pengembang. Sementara peninggian jalan akan dilanjutkan pada tahun ini karena baru sebagian yang dibangun,”imbuhnya.
PMI Droping Logistik Bantuan
Sebagai kepedulian terhadap korban bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal mengirimkan logistik bantuan berupa beras dan mie instan guna penanganan banjir yang melanda Kelurahan Dampyak Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, selasa (27/1).
Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Bidang Kesiapsiagaan PMI Kabupaten Tegal, dr Bimo Bayuadji.
Dr. Bimo mengatakan, bantuan tersebut untuk mendukung kegiatan Dapur Umum yang diselenggarakan oleh paguyuban ibu-ibu PKK RW 07 Kelurahan Dampyak Kecamatan Kramat yang sudah melaksanakan kegiatan sejak Senin hingga Selasa kemarin.
“Apabila terjadi masih hujan deras kembali dan terjadi rob lagi PMI akan mengirimkan Tim Dapur Umum membantu Ibu-Ibu di sana. Sedikitnya ada 300 – 400 nasi bungkus yang harus disiapkan oleh Tim Dapur Umum,” ungkapnya.
Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Sunarto, Humas PMI Kab. Tegal, Hp: 081294184409, Email : humas_pmikabtegal@yahoo.com
X