logo2021

Sebuah pesawat Hercules milik TNI AU telah diterbangkan ke lokasi penemuan jasad penumpang dan serpihan pesawat Air Asia QZ8501 di perairan Selat Karimata (31/12). Pesawat yang berangkat dari Halim Perdana Kusuma ini, membawa 11 sukarelawan PMI Kota Jakarta Timur, tim Detasemen Jala Mangkara AL (Denjaka) dan tim Komando Pasukan Katak (Kopasaka).

“Persiapan peralatan bantuan untuk evakuasi jasad sudah dimulai dari pukul 03.00 dini hari. Tim PMI Jaktim akan turut serta bersama tim Denjaka dan Kopasaka diterbangkan menggunakan pesawat Hercules TNI AU,” Jelas Agus Barkah, Koordinator Tim yang turut serta dalam tim bantuan tersebut.

Dalam tahap evakuasi, PMI bertugas mengevakuasi dan identifikasi jenazah didalam pesawat Hercules, yang nantinya akan diserahkan pada tim di Pangkalan Bun.  Namun hingga saat ini, jenazah masih berada di kapal TNI belum bisa di evakuasi ke Pangkalan Bun akibat cuaca yang tidak kondusif.

PMI yang terbang menuju Selat Karimata membawa sejumlah peralatan evakuasi yakni: 200 buah Kantong Mayat, 50 Unit Masker Moncong Repirator, 500 buah Masker, 50 buah Sarung Tangan Latek Panjang dan 100 buah Sarung Tangan Biasa.

Dalam tahap kesiagaan Air Asia QZ8501, PMI mendirikan 2 posko yang tersebar di Pangkalan Bun dan Pantai Kubu.  Sementara itu, posko pelayanan kesehatan masih dibuka untuk keluarga penumpang yang masih menunggu informasi selanjutnya.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Agus Barkah, Koordinator TIM PMI Jaktim, Hp : 0856911946795

X