logo2021

KOTA SUKABUMI – Kampanye cuci tangan terus digalakkan Palang Merah Indonesia. Upaya memutus penularan covid-19 ini juga dibarengi dengan penyediaan wastafel agar masyarakat terbiasa cuci tangan. Di sejumlah wilayah, PMI menempatkan wastafel di tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat. Di Banyuwangi, sedikitnya 15 wastafel ditarget terpasang di sejumlah tempat publik.

Kepala Seksi Pelayanan PMI Banyuwangi, Ismiyati mengungkapkan, saat ini sudah 8 wastafel terpasang di sejumlah titik seperti di pasar. “Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan PMI ini. Seperti di pasar memang belum ada tempat cuci tangannya, itu dirasa tepat,” kata Ismiyati dihubungi, Sabtu (9/5).

Setiap dua hari sekali, penampung air cuci tangan berkapasitas 250 liter tersebut akan diisi ulang oleh tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat). Sibat juga terlibat aktif menyampaikan promosi kesehatan keliling terkait pola hidup sehat dan bersih (PHBS), termasuk pentingnya cuci tangan dengan sabun di masa pandemi ini. Dengan berkendara atau berjalan kaki, relawan Sibat menyampaikan pesan-pesan kesehatan guna menangkal covid-19.

Ismiyati menuturkan, bantuan berupa wastafel tersebut berasal dari Palang Merah Amerika Serikat (American Red Cross). Bantuan itu sebetulnya untuk kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Namun, demi percepatan penanganan Covid-19, bantuan itu dialihkan. “Kami ajukan tempat cuci tangan dan produksi masker melalui Sibat. Tahap awal kami memproduksi sebanyak 4000. Kami juga membuat media KIE, juga mengusulkan APD untuk relawan dan tim Sibat,” jelasnya.

Sebelumnya, PMI Sukabumi turut menggalakkan pembiasaan cuci tangan warga. Bermodalkan drum bekas, PMI menciptakan wastafel otomatis yang siap digunakan pada fasilitas umum di Sukabumi. Wastafel tersebut dilengkapi sensor gerak guna menghindari disentuh tangan.

“Ini sesuai arahan dari Ketua PMI Kota Sukabumi, bagaimana setiap PMI di masing-masing kecamatan didorong untuk berpartisipasi aktif mengembangkan ide kreatif,” ujar Ketua PMI Kecamatan Cikole, Sukabumi, Feri Pebriana.***

X