logo2021

Senayan City bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar donor darah dengan tema “A Tribute to Kartini’s Day”, Selasa (29/4/2014). Kegiatan donor darah yang dilaksanakan untuk yang ke 15 kalinya tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini  dan dibagi menjadi dua tahap, yaitu pukul 09.00 – 12.00 WIB khusus untuk wanita, dan pukul 12.00 – 15.00 WIB untuk umum.

Kegiatan donor darah kali ini juga diramaikan dengan talk show  bertema “Perempuan dan Donor Darah” dengan  nara sumber CEO Senayan City Veri Y. Setiady, Wakil Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Dr. Murdiati Umbas, dan  Alinda dari Yayasan Rumah Pandai.

“Saat ini donor darah sudah menjadi gaya hidup masyarakat, Senayan City secara konsisten menggelar donor darah sejak tahun 2008 dan hingga saat ini telah berhasil menyumbangkan lebih dari 20 ribu kantong darah kepada PMI,” kata Veri Y. Setiady.

“Melalui kegiatan donor darah ini, Senayan City ikut memperingati Hari Kartini dengan memberikan keistimewaan khusus bagi wanita. Dan tujuan menggelar donor darah ini, karena ingin membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan kantong darah yang tinggi,” tutur Veri Y. Setiady.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Dr. Murdiati Umbas menjelaskan, penyebab seorang wanita tidak bisa melakukan donor adalah apabila sedang hamil dan pemeriksaan HB yang rendah.

“Sebelum melakukan donor selalu diperiksa kesehatanya, dan untuk HB berkisar antara 12,5 – 17 mm Hb,” terang Dr. Murdiati Umbas.

Sedangkan Alinda, seorang pendonor darah yang rutin mendonorkan darahnya menyatakan, selalu mendonorkan darah di Senayan City. “Biasanya saya selalu mendonorkan darahnya di Mall Senayan City (Gerai Donor Darah PMI) yang terletak di lantai Lower Ground, yang beroperasi setiap hari mulai pukul 11.00 – 18.00 WIB,” jelas Alinda.

Alinda merupakan salah satu dari 3 orang pencetus Rumah Pandai yang  dibentuk karena adanya letusan Gunung Sinabung. Rumah Pandai adalah sebuah yayasan yang didirikan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terkena bencana alam.

Dalam talkshow tersebut juga ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para pendonor kepada PMI, diantaranya dari Ani.  “Bagaimana caranya menaikan HB, padahal hari ini saya mau donor, tetapi berhubung HB-nya tidak mencukupi saya jadi tidak bisa melakukan donor?,” tanya Ani.

Juga ada pertanyaan yang diajukan oleh Eni, “Mengapa darah saya nampak kental pada saat saya melakukan donor darah, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil darah, apa yang harus saya lakukan ?,” tanya Eni.

Dr. Murdiati Umbas menjelaskan, untuk menaikan HB dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan protein. Kalau darah nampak kental pada saat melakukan donor darah, maka pendonor harus banyak minum air mineral.

 

Untuk informasi lebih lanjut:Dr. Dian Winarti, Kabid Pengadaan Darah Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi DKI Jakarta, Telp (021) 3906666 Ext. 306 atau 317.Abdurrahman, Staf Bidang Organisasi & Komunikasi PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 08129944499

 

 

 

 

X