logo2021

Hingga saat ini, stok darah secara nasional masih terbilang aman. Diperkirakan hingga dua minggu pertama di bulan Ramadhan, stok darah khususnya di PMI DKI Jakarta masih mencukupi kebutuhan masyarakat. Tidak kurang dari 6 ribu kantong darah kini telah tersimpan di bank darah PMI. – red: (MI)

Namun demikian, stok darah akan mulai menipis pada minggu ke tiga di bulan Ramadhan. Kurangnya persediaan darah tersebut salah satu penyebabnya adalah berkurangnya para pendonor karena alasan puasa dan sebagainya, sementara usia darah juga terbatas. Tercatat penurunan stok darah secara nasional mencapai 40%. Pasalnya, kebutuhan kantong darah per harinya mencapai 800 hingga 1000 kantong darah.

Menurut Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Ibu Salimar mengungkapkan bahwa masyarakat cenderung tidak mendonor saat sedang berpuasa dan menundanya hingga setelah lebaran. Hal itu disebabkan karena masih adanya pandangan yang menyebut mendonorkan darah dapat membatalkan puasa.

“Kami gencar mensosialisasikan fatwa MUI yang menyatakan bahwa mendonor tidak membatalkan puasa. Malah bagi kita yang sehat dianjurkan untuk mendonorkan darah. Lagi pula, mendonor tidak harus pada siang hari, bisa juga dilakukan sehabis tarawih atau sehabis sahur karena UDD PMI juga buka 24 jam” jelas Salimar.

Selain itu, dr. Ulfah Suryani, Humas Unit Donor Darah Pusat (UDDP), menghimbau kepada masyarakat untuk donor darah bagi yang sudah jatuh waktu donornya. Donor tidak membatalkan puasa, sehingga tidak perlu khawatir. Beliau juga menghimbau kepada UDD se-Indonesia untuk dapat bekerjasama beberapa instansi terkait seperti dengan pihak pusat perbelanjaan, sejumlah gereja untuk menjaring non muslim untuk berdonor dan melakukan penjemputan pendonor di wilayah sekitar masjid setelah solat tarawih.

Guna lebih banyak menarik perhatian masyarakat luas mengenai kegiatan donor darah di bulan Ramadhan. PMI Pusat menggelar aksi #DondarRamadhan di media sosial PMI. Bagi para pendonor yang telah melakukan aksi donor pada bulan Ramadhan, diminta untuk mengirimkan foto selfie disaat berdonor. Para pendonor akan dikirimkan gambar, yang sebelumnya telah disesuaikan dengan golongan darah pendonor, sebagai penanda bahwa kamu telah berpartisipasi membantu PMI dalam aksi #DondarRamadhan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Biro Humas, Markas PMI Pusat, tlp : 021-7992325

 

 

X