logo2021

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten bersama PT Japantech Indojaya (Yukata) mendistribusikan bantuan berupa 130 Nasi Box dan 200 Face Shield untuk warga terdampak erupsi merapi di pengungsian Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten Selasa (24/11/2020) malam.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kenichi Morita Direktur PT Japantech Indojaya dan Kepala Bagian Pelayanan PMI Kabupaten Klaten Foles Eriyanto. Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) kemudian mendistribusikan bantuan tesebut kepada kelompok rentan yang mengungsi di lokasi tersebut. Para relawan juga membantu lansia mengenakan pelindung wajah agar para pengungsi terhindar dari bahaya penularan covid-19

Sebelumnya, PMI Kabupaten Klaten juga telah mengirimkan Tim Kesehatan ke pengungsian di Balai Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten pada hari Jumat (22/11/2020). Foles mengatakan, tim tersebut ditugaskan untuk memeriksa kesehatan para relawan dan pengungsi

“Jumlah relawan dan pengungsi yang diperiksa di barak pengungsian Desa Tegalmulyo berjumlah 40 orang. Keluhannya ada yang pegal, tekanan darah tinggi dan asam urat, khususnya pengungsi lansia ya,” jelasnya.

Para pengungsi di DesaTegalmulyo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten mulai mengungsi di posko pengungsian sejak 16 hari yang lalu setelah kawasan sekitar Merapi dinaikkan statusnya menjadi Siaga. PMI beserta pemerintah setempat mengutamakan evakuasi terhadap kelompok rentan seperti lansia, ibu menyusui dan penyandang disabilitas.

X