logo2021

Peluncuran Bus Donor Darah (#BusDonDar) Palang Merah Indonesia (PMI) Pertama hasil patungan masyarakat dengan ratusan foto donatur. Sebuah Kampanye crowdfunding oleh Kitabisa.com dan PMI (12/05).

Dimulai pertengahan 2014, Kitabisa.com, situs crowdfunding di Indonesia, bekerjasama dengan PMI melaksanakan kampanye beratajuk ‘Potret untuk Kehidupan’. Sebuah kampanye penggalangan dana berbasis gotong royong untuk menambah jumlah Unit Bus Donor Darah.

Berdasarkan data terakhir pada tahun 2014 hingga saat ini, PMI telah mampu mengumpulkan 2.764.963 kantong darah lengkap.  Setelah diolah menjadi berbagai komponen, jumlah penyediaan darah PMI pada tahun 2014 menjadi sekitar 4.238.134 kantong. Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita mengatakan, “Jumlah ideal sesuai dengan standar World Health Organization (WHO) mengenai kebutuhan darah di Indonesia secara nasional adalah 2% dari jumlah penduduk, yang artinya sekitar 4,8 juta kantong pertahun,” jelas Ginandjar Kartasasmita ketika ditemui di Kantor Pusat PMI di Jakarta Selatan.


Sehingga saat ini baru sekitar 70% kebutuhan darah yang telah terpenuhi dari total 4,8 juta kantong darah / tahun. PMI sendiri terus berupaya jemput bola untuk menggaet pendonor darah, selain menggunakan bus donor darah yang beroperasi di pusat keramaian, mereka juga menyambangi masjid, gereja maupun gedung-gedung perkantoran.

Kitabisa.com, yang merupakan salah satu situs penggalangan dana online (crowdfunding) melalui kampanye ‘Potret Untuk Kehidupan’ juga berupaya meningkatan jumlah Bus donor darah. Agar semakin banyak pendonor di daerah perkotaan yang umumnya memiliki mobilitas tinggi dan lebih suka didatangi ketimbang mendatangi.

Jika selama ini  untuk pengadaan Bus Donor Darah PMI mengandalkan dana 100% dari korporat, kali ini kitabisa.com menggaet masyarakat untuk turut serta membantu dengan cara patungan mendanai satu unit Bus Donor Darah. Menariknya setiap donatur yang menyumbang diatas Rp.100.000 fotonya akan terpampang di badan bus.

Kampanye yang bersifat non profit ini juga mendapat dukungan dari banyak relawan serta dukungan kalangan artis dan tokoh masyarakat seperti Jusuf Kalla, Rhenald Kasali, Addie MS, Nirina Zubir, Maudy Ayunda, Eddie brokoli, Addie MS, RAN, Andie Awwe Wijaya, Arya Novrianus, dan Krisna Harefa, dll.

Donasi tidak hanya berasal dari individual saja, namun juga berasal dari perusahaan Astra Internasional, Asosiasi HIPMI Peduli, Hippi, serta banyak komunitas lainnya yang turut  bergabung seperti Blood For Life, Turun Tangan, Young on Top, Akademi Berbagi, Nebengers, Alumni Haji Caraka, Bike to Work dan Indonesia Expat. Dengan dukungan dari berbagai pihak tersebut, akhirnya Kampanye ini berhasil mengumpulkan dana “keroyokan” sebesar Rp 525.000.000. Sehingga untuk pertama kalinya PMI akan memiliki bus donor darah dengan ratusan foto donatur, sebuah simbol kekuatan individu masyarakat yang bila disatukan dapat menghasilkan sesuatu yang besar dan menyelamatkan nyawa banyak orang.

Untuk informasi lebih lanjut : Biro Humas PMI Pusat, 021-7992325 atau Indah Puspitasari, Divisi PSD PMI PUSAT, Tlp. 021-7992325 ext 311

X