logo2021

Kerusakan pipa air di Gunung Bibi di Kecamatan Cepogo yang terjadi pada Rabu,5 Maret lalu akibat banjir lumpur dari puncak mulai diperbaiki. Palang Merah Indonesia (PMI) Solo bekerja sama dengan PMI Boyolali memberikan bantuan berupa pipa paralon berukuran dua dim dengan panjang 1.400 meter dan besi untuk perbaikan.

Salah satu titik kerusakan yang diperbaiki berada di wilayah Desa Sumbung. Sutarto. Kepala Desa(Kades) Sumbung, mengatakan setelah banjir lumpur di Gunung Bibi, terjadi kerusakan pipa saluran air di Kola Soki yang merupakan sumber air beberapa wilayah desa di Kecamatan Cepogo.

“Akibat kerusakan pipa tersebut, 65 keluarga di Dukuh Sukorejo dan sebagian warga Dukuh Sumbung lainnya, kesulitan memperoleh air bersih,” ujar Sutarto, Kades Sumbung.

Warga pun tak dapat menimba langsung ke sumber air tersebut, karena sulitnya menjangkau lokasi.

“Terutama warga di Dukuh Sukorejo, kesulitan mendapatkan air bersih karena hanya mengandalkan mata air di Kola Soka,” terang Sutarto.

Kadus 2 Desa Sumbung, Nunung Yumaroh, menambahkan, rata-rata setiap harinya dibutuhkan hingga dua tangki air bersih agar mencukupi kebutuhan warga. Staf Penanggulangan Bencana PMI Boyolali, Teguh Widodo, mengungkapkan selain saluran ke Desa Sumbung, kerusakan juga terjadi di saluran pipa air ke Desa Jombong dan Dukuh Kali Tengah, Desa Wonodoyo.

”Total panjang kerusakan mencapai 800 meter,” kata Teguh Widodo.

X