logo2021

Hingga saat ini Juni 2014, sudah hampir 10 bulan pasca erupsi gunung Sinabung (15/09/2013). Erupsi gunung Sinabung telah menewaskan 17 orang, merusak lahan-lahan pertanian penduduk, pemukiman dan infrastruktur lainnya. Akibatnya, lebih dari 32.000 jiwa (9.991 KK) terpaksa harus mengungsi.

Namun kendala pasca erupsi masih banyak dihadapi warga diantaranya: rumah yang rusak, atap bocor, lumpur menebal, perabotan rusak, kebun dan sawah rusak. Hal ini sangat mengganggu karena sebagian besar warga lereng gunung Sinabung adalah petani.

Melihat kondisi tersebut PMI pusat, PMI Kabupaten Karo dengan bantuan dari Palang Merah Australia mencoba memberikan bantuan kepada 335 kepala keluarga  di Desa Sigarang –Garang dengan memberikan bantuan pemulihan senilai Rp 300.000,- melalui Cash Voucher sistem. Cash Voucher ini memberikan kebebasan bagi warga untuk memilih bantuan sesuai kebutuhan. Barang  yang disediakan terutama untuk alat perbaikan rumah dan bertani.

“Misalnya kami butuh parang, cangkul, linggis, paku seng ya itu yang saya pilih, mungkin orang lain beda itu terserah sesuai kebutuhan mereka”, kata Telge Boru Sembiring salah satu korban. Kerjasama ini diharapkan juga bisa membantu perekonomian di Panglong atau took bangunan sekitar areal terdampak.  Pemberian bantuan ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 23 Mei 2014. (link you tube: http://youtu.be/x94-yAach-U)

X