logo2021

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, dan Brijen Ade Rahmat Suhendi lakukan donor darah di Yankes Pusdokkes Mabes Polri, Jakarta, Senin, 13 April 2020. Selain Kabaharkam Polri, donor darah di tengah masa pandemi Covid-19 ini juga diikuti 150 personel jajaran Baharkam Polri lainnya.

“Kegiatan donor darah ini dalam rangka memenuhi persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan digunakan oleh pasien Covid-19 yang membutuhkan,” terang Komjen Pol Agus Andrianto.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kakorpolairud Baharkam Polri, Kakorsabhara Baharkam Polri, Kakorbinmas Baharkam Polri, dan pejabat utama Baharkam Polri lainnya.

Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tangerang Kuswarsa memastikan mendonorkan darah tetap aman dilakukan. Masyarakat diimbau selalu menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, menerapkan etika bersin dan batuk.

“PMI tetap melayani pelayanan darah. Kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda, pasien di rumah sakit yang membutuhkan tranfusi tentu harus juga mendapatkan perhatian. Namun, dengan kondisi saat ini beberapa kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh lembaga instansi ada yang dibatalkan. Tentu hal ini sangat berpengaruh dengan stok darah di PMI,” ucapnya.

Edukasi juga dilakukan kepada pendonor darah dan masyarakat bahwa donor darah aman. “Karena Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor,” tambahnya.***

X