logo2021

Dalam rangka mensukseskan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja Perusahaan (K3 Perusahaan), PMI Provinsi Jambi bekerjasama dengan PT. Perkebunan Nusantara VI (PTPN VI) melangsungkan pelatihan pertolongan pertama untuk para Karyawan. Kegiatan berlangsung sejak 9-14 Juni 2014 diikuti oleh 66 orang peserta di Mess Pinang Tinggi Sungai Bahar.

Dengan mengikuti pelatihan pertolongan pertama, pihak perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan kelapa sawit, teh, dan karet ini berharap karyawan mereka dapat menolong diri sendiri dan mengatasi kecelakaan saat bekerja.

“Kami ingin menekan atau mengurangi angka kecelakaan bagi karyawan kami. Kami juga berharap, mereka dapat menolong diri mereka saat terjadi kecelakaan ketika bekerja,” jelas Topan Purba, Kepala Pengembangan Sumber Daya PT. Perkebunan Nusantara VI.

Selama berlatih, para karyawan diberikan materi serta berpartisipasi dalam praktek pertolongan pertama. Mereka pun belajar tentang menangani cedera yang sering dialami saat bekerja, seperti perdarahan, patah tulang, pingsan, luka bakar, keracunan dan digigit ular.Melalui pelatihan ini, mereka pun mendapatkan pengetahuan tentang bantuan hidup dasar, resusitasi jantung paru, dan pemindahan korban sebagai materi dasar pelatihan.

Dengan mendalami pertolongan pertama, karyawan kami tidak harus selalu mengandalkan dokter/tim P3K/mantri sajasaat dilapangan,” kata Topan

Dijelaskan Kepala Markas PMI Provinsi Jambi, Astrid Firdianto, pekatihan pertolongan pertama ini merupakan bagian dari kerjasama PTPN VI dan PMI di bidang donor darah.

“Kami harap kerjasama akan semakin berkembang dan ditingkatkan ke kegiatan-kegiatan lainnya, misalnya kesiapsiagaan bencana, promosi kesehatan dan lain-lain,” jelas Astrid Firdianto.

 

Informasi lebih lanjut: Virya Eka Putri (Koordinator Pendidikan dan Pelatihan PMI Provinsi Jambi) atau Nelly Herawati, Staf Humas PMI Provinsi Jambi, Hp. 082180122192.  

 

X