logo2021

Tepat pada 17 September 2015, Palang Merah Indonesia (PMI) menginjak usia 70 tahun. Usia yang tak lagi dapat diragukan untuk membuktikan kemampuan dan komitmen di bidang kemanusiaan.  Dahulu pada masa kemerdekaan, PMI tidak hanya dengan menangani korban perang, tapi juga membantu bekas Romusha. Sedangkan di masa damai, PMI juga membantu menangani masalah sosial, mendidik masyarakat tentang Pertolongan Pertama, upaya penyediaan darah, dan membantu penanggulangan bencana. Hal tersebut membuat eksistensi PMI terus melekat di hati masyarakat.

Menyambut hari spesial tersebut, PMI membuka pameran 70 tahun PMI di Museum Nasional Jakarta. Akan disajikan foto-foto dan benda bersejarah yang menggambarkan perkembangan PMI dari masa pendiriannya (1945) hingga saat ini (2015). Pameran ini akan ditata selayaknya lorong waktu, dimulai masa awal yaitu masa pendirian yang merupakan masa paling monumental yaitu 1945 s.d. 1950, kemudian masa perkembangan 1951-1970 dan selanjutnya masa pengabdian dan kemajuan hingga tahun 2015.

Selain pameran, PMI  bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia juga menggagas peluncuran prangko peringatan 70 tahun peran sertanya dalam kemanusiaan dan kemerdekaan bangsa Indonesia. Peluncuran prangko sekaligus pembukaan pameran 70 tahun PMI dilaksanakan pada 10 September 2015 di Museum Nasional Jakarta. Seremonial peluncuran dilakukan melalui “Penandatangan Sampul Hari Pertama Seri Prangko Peringatan 70 tahun PMI” oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Tak hanya itu saja. Demi memeriahkan dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke pameran, PMI juga menyelenggarakan kegiatan pendukung yang akan berlangsung selama 7 hari mulai dari 10 – 17 September 2015. Informasi kegiatan yang akan dilaksanakan, dapat dilihat di : http://www.pmi.or.id/index.php/component/k2/item/647-hut-70-tahun-pmi.html

X