logo2021

SURAKARTA/SOLO – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta atau PMI Solo kembali melakukan ajakan menjaga Pola/Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui kampanye cuci tangan bersama di SD Negeri Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Kamis (12/03/2020).

Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan PMI Solo, dr. Arina Hidayati menuturkan, satu unit truk tangki diberangkatkan sebagai suplai air untuk cuci tangan. “Kampanye ini melibatkan 450 siswa kelas 1-6, 15 guru, 5 perwakilan staf PMI, 5 mahasiswa AKBARA, dan 1 relawan yang berkostum naruto, sama seperti 2 tempat yang sudah kami lakukan. Dalam kampanye tersebut kami juga memberikan sosialisasi mengenai kemungkinan terjangkit virus jika tidak menerapkan pola hidup bersih dan sehat, kemudian flash mob dan praktek cuci tangan secara bergantian,” paparnya.
Dijelaskan, SDN Sondakan bisa dijadikan contoh untuk SD negeri/swasta di Kota Surakarta untuk melakukan kampanye cuci tangan atau menjaga pola hidup bersih dan sehat. “PMI Solo sangat terbuka untuk kerja sama dan gratis tanpa dipungut biaya apapun, satu yang tak kalah penting kami juga turut menyampaikan bahwa selain bersih dan sehat, peduli sesama juga kami tekankan kepada siswa,” tambahnya.

Melalui “Hari Berbagi”, PMI Solo mengajak seluruh siswa dalam satu bulan sekali menyisihkan sebagian uang saku untuk didonasikan melalui dompet kemanusiaan PMI Solo di kotak yang telah disediakan di sekolah. “Sebulan sekali kami akan datang ke sekolah untuk mengambil donasi tersebut. Donasi juga bisa ditransfer melalui bank mandiri : 138 00 1586330 6 atau BCA : 015 85 22 333,” pungkasnya.

Perwakilan SDN Sondakan Noer budiyanto, menyatakan sangat berterima kasih kepada PMI Solo dengan kegiatan Kampanye Cuci Tangan. “Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut untuk kegiatan lain. Mohon maaf nanti kami akan merepotkan PMI Solo kembali terkait pembinaan Palang Merah Remaja di SDN Sondakan. Ini dilakukan supaya siswa kami semakin berempati dan berkarakter relawan yang militan,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihak sekolah menyerahkan donasi hasil penggalangan dana dari siswa SDN Sondakan kepada PMI Solo.***

X