KONDISI PSIKOLOGIS PENYINTAS LONGSOR PAGENTAN SUDAH MEMBAIK

M. Alwan Rifai

M. Alwan Rifai

Banjarnegara (Jawa Tengah) – Kondisi Penyintas korban selamat longsor desa Pagentan yang terjadi beberapa lalu sudah membaik. Hal tersebut berdasarkan hasil evaluasi program Pendampingan Psikologis yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Banjarnegara bersama Ikatan Psikolog Klinis Jawa Tengah yang telah dilakukan dalam beberapa tahapan.

Psikolog sekaligus Pengurus Bidang Pelayanan Kesehatan PMI Kabupaten Banjarnegara Gones Saptowati mengatakan, secara umum kondisi kedua penyintas yakni OL dan KR sudah membaik, selain itu kesejahteraan psikologis juga sudah meningkat. “Penyintas sudah mampu berkomunikasi lebih baik, lancar dalam bersosialisasi serta menjalankan aktivitasnya termasuk sekolah secara tatap muka” Ujarnya.

Kondisi tersebut tentunya tak lepas dari peranan kerabat serta keluarga dekat dan lingkungan yang telah ikut serta membantu dalam proses penguatan terutama pengembangan dan pengembalian rasa percaya diri. Pihaknya menambahkan, secara umum program intervensi telah selesai, namun pendampingan jangka panjang akan tetap di lakukan guna memantau tumbuh kembang agar optimal tentunya dengan berkomunikasi intens bersama keluarga penyintas.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Amalia Desiana mengatakan, program dukungan psikososial merupakan salah satu intervensi PMI yang terus diberikan dalam upaya pemulihan kondisi penyintas agar dapat seperti sedia kala. “Tentunya intervensi yang dilakukan menggunakan program dan tolak ukur yang tepat dan dilakukan oleh Relawan yang ber spesifikasi PSP dg bersinergi bersama pemerintah atau mitra terkait” paparnya.

Program pendampingan dukungan psikososial sangat dekat dan tidak hanya dilakukan pada saat pasca bencana, namun juga dilakukan setiap saat ketika menjumpai kasus sosial yang memerlukan intervensi secara khusus, seperti yang dilakukan kemarin saat pandemi Covid 19 dimana PMI hadir memberikan pelayanan pendampingan psikologis bagi penyintas di rumah singgah serta keluarga yang memerlukan dukungan secara moral. **alw

118

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...