PMI KOTA TANGERANG GERAKKAN TIM SIBAT & RELAWAN DUKUNG PROKLIM DLH

Nurwarta Wiguna

Nurwarta Wiguna

KOTA TANGERANG, BANTEN,- Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI Kota Tangerang, Minggu (31/10/2021) melaksanakan kegiatan penanaman pohon produktif Toga (Tanaman Obat Keluarga) dalam rangka mendukung Program Kampung Iklim (Proklim) yang diluncurkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

“Hari ini, Tim Sibat Belendung bersama relawan PMI Kota Tangerang menanam sebanyak 150 pohon Toga di beberapa titik di RT.04, Kelurahan Belendung. Kegiatan Proklim ini merupakan program pemerintah Kota Tangerang yang diadakan di 115 RW se Kota Tangerang pada tahun 2021 yang dibina oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang,” ujar Pengurus PMI Kota Tangerang, Hasbullah.

Ditambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim dan dampaknya, sehingga masyarakat mau melakukan aksi nyata untuk menghadapinya. :Salah satu kegiatannya dengan menanam tumbuhan yang menghasilkan dan bermanfaat seperti Toga, buah dan sayuran melaui media pot tanaman,” paparnya.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah juga mengapresiasi kegiatan tersebut, karena sangat bermanfaat dan bisa membantu warga sadar akan pentingnya penghijauan di wilayahnya masing-masing. “Saat ini kita dapat melihat perubahan iklim dengan adanya perubahan pola, intensitas atau pergeseran parameter utama iklim seperti curah hujan, suhu, kelembaban, angin, tutupan awan dan penguapan,” ungkapnya.

Dijelaskan Oman, perubahan iklim memberi dampak pada ekosistem alam dan manusia di seluruh dunia. “Kesehatan manusia, keamanan pangan dan pembangunan ekonomi adalah beberapa dampak yang dapat terjadi karena perubahan iklim ini,” katanya.

Oleh karena itu, diperlukan upaya adaptasi dan mitigasi guna menghindari bencana dan kerugian yang lebih parah akibat terjadinya perubahan iklim. “Adaptasi perubahan iklim adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim,” pungkas Oman.***

98

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

KOICA FOR KIDS AJAK ANAK ‘BERSAHABAT’ DENGAN BENCANA

MAKASSAR, SULSEL—Sedikitnya 139 kejadian kebakaran terjadi selama tahun 2021 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan....

KOICA FOR KUAT PERKUAT KETAHANAN KELUARGA HADAPI GEMPA BUMI

BANYUWANGI, JAWA TIMUR--Palang Merah Indonesia (PMI) melatih sejumlah relawan keluarga dalam kesiapsiagaan bencana gempa...

22 SUMUR TERCEMAR, PMI JEMBER LAKUKAN NORMALISASI

Jember - Bencana banjir yang melanda kabupaten jember pada Selasa sore kemarin menyebabkan sejumlah...