HARI KEDUA PENCARIAN, KORBAN TERAKHIR DITEMUKAN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Kemarin (30/3) merupakan hari kedua proses pencarian korban longsor Cimerak Cireunghas. Dalam pencarian, berat dan tebalnya medan longsoran membuat para anggota Tim SAR gabungan kesulitan dalam upaya pencarian jasad yang disinyalir merupakan Korban terakhir bencana tanah longsor di Kampung Cimerak Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi ini.

Sekitar pukul 12.05 WIB, proses evakuasi menemui jalan terang, korban ditemukan dengan posisi tertimbun tanah dan reruntuhan bangunan rumah. Proses evakuasi pun sempat mengalami kesulitan dan berlangsung sekitar 45 menit, dikarenakan bagian tubuh korban tertimbun lemari dengan kondisi tubuh sudah mulai membengkak. Evakuasi dilakukan secara estafet hingga ke mobil ambulance.


“Dalam operasi hari kedua ini, PMI Kabupaten Sukabumi manambah jumlah personil Sukarelawan PMI yang terdiri dari Korps Sukarelawan (KSR) dan Bantuan Paramedis dari staf UDD PMI untuk membuka pelayanan Pos Kesehatan dipengungsian”, terang ketua PMI Kab. Sukabumi, Ayi Abdullah yang ditemui langsung dilokasi bencana longsor saat meninjau giat para sukarelawan PMI dalam bertugas.

Lebih lanjut lagi, Ayi mengatakan dalam operasi bencana longsor ini pihaknya mengerahkan berbagai potensi dan sumberdaya yang ada di PMI Kabupaten Sukabumi guna mendukung proses evakuasi korban.

“Walaupun semua korban sudah diketemukan, tapi tugas kita belum selesai. Ada sekitar 97 KK dan 293 jiwa yang merupakan para pengungsi yang harus menjadi perhatian kita bersama yang sampai saat ini kondisinya masih menempati kantor desa dan ruangan sekolah SD. Jadi untuk para sukarelawan PMI tetap semangat dalam tugas kemanusiaan ini”, Pesan Ayi kepada para sukarelawan PMI disela sesi brifing dan evalusi kegiatan harian.

Rencana kedepannya, PMI Kab. Sukabumi akan membuka Pos Kesehatan dan pijat refleksi dari Tim program Rumah Hati PMI yang merupakan kerja sama PMI Kab.Sukabumi dengan Ikatan Tunanetra Muslimin Indonesia (ITMI). Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pelayanan pijat refleksi baik kepada para pengungsi, tim SAR, maupun para jurnalis yang bertugas dilapangan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Atep Maulana, Humas PMI Kabupaten Sukabumi,  Hp: 08565910305, atau PMI Kabupaten Sukabumi, Tlp : 0266236447